Matkul semester 1

Hmmmm, pengen cerita nih tentang  mata kuliah semester 1 kmaren yang mengisi hari2 gw selama kurang lebih 4 bulan di Fasilkom, heheee.. Di semester 1 itu kita udah dipaketin buat ngambil 20 SKS. Sebenernya cuma ada 5 matkul sih, tapi tugasnyaaa beeeeuuuuh, jangan ditanya dah, hahaha.. Jarang bgt tuh pulang siang, biasanya paling cepet jam 15.30 baru bisa pulang. Rekor gw pulang termalem itu jam 22.30 demi ngerjain pr MD brg2 di sekre, haiyaahh.. Okey, skrg mw bahas atu-atu ahh…

 

DDP (Dasar-Dasar Pemrograman)

Ini mata kuliah paling basic bgt kali ya di Fasilkom (bagi yg mw jd programmer khususnya), angkatan gw tu angkatan pertama yg make C++, taon2 kmaren masih make C, jadi agak susah klo nanya ama senior, yaaa  walopun banyak juga sih senior yg udah jago, hohooo.. Gw dapet asdos yg pinter siiiih tapi sibuk n’ iseng, sebut saja dia Ka’DLH, waktu demo tugas aja 1 org 1 menit dan gilanya gw pernah dikerjain pas demo, hahaha.. kocak tuh org.. Waktu kuliah DDP pertemuan pertama gw ketiduran loh, hahahaa.. Lupa gw malemnya ngapain tapi pokoknya pas kuliah gw jd ngantuk berat, untung masih introduction doang jadi gw lumayan bisa ngejar. Unfortunately, gw masuk di kelas B yg dosennya gak terlalu enak, sumpah gw ngiri abis sama anak kelas A yg dosennya care&enak ngajarnya. Oiyah gw juga pernah nangis gara2 telat ngumpulin tutorial 2 (itu tutorial pertama yg dikumpulin, coz tutorial 1 yg sebelomnya cuma coba2 aja), gila ajaaaaa….. gw yg baru kenal ngoding, dalem satu setengah jam disuruh bkin 3 program. Alhasil banyak juga tuh temen2 gw yg gak selese ngerjain itu, untung ada Eka ama K’Linda yg ngehibur gw pas pulang, huhuu.. Eeeeeh besoknya si dosen (gw gak mw nyebut namanya) nyadar juga kalo banyak yg gak ngumpulin, akhirnya deadlinenya diperpanjang beberapa jam setelah dia ngomong itu, zzzzzzzz… Trus kalo ujiannyaaa,, hasil ujian 1 gw lumayan bagus lah, ujian 2 sangat memuaskan, hihiiihii… (itu karna pagi2nya gw sempet ngeliat si “full adder”, hehee jadi smangat deh pas ujian…, hahahaa  gak juga siih, tapi well, gw akuin kalo saat itu gw ada sedikit respek sama tu dosen karna soal yg dikeluarin bener2 apa yg dia ajarin di kelas, gak rugi gw slalu duduk depan =P). Baru kali ini dapet nilai sebagus itu, SMA aja gak pernah, hohooo.. Tapi quiz 1 gw dibawah rata2 kelas, aduuuh malu bgt bisa se-o’on itu gw, quiz 2 yaa standar lah. Ujian 3 itu bwt gw ujian yg paling susah, jadi kayaknya nilainya ga akan lebih bagus dari ujian 1&2 huhuu.. Kita liat nanti saja laah…

PSD (Pengantar Sistem Digital)

Apaan sih PSD?? 1 0 1 0 (atu-nol-atu-nol) doang kan? hahahaa.. Yaaah itu hanya permulaan, selebihnya lebih mantep dah, ada aljabar boolean, gate2 apalah itu, flip-flop, RAM, dsb, pokoknya seru dah.. Thx God, gw dapet asdos yg asik, pinter, baeeeek bgt, banyak nilai tugas&praktikum gw yg dikasih 100, hehee.. sebut saja Ka’Enrico, cuma dy kalo ngomong cepet bgt jadi harus diulang biar yg diajarin ngerti =D. Hmmm, ni mata kuliah yg pertama kalinya ngebuat gw begadang ampe jam 2 malem demi ngerjain tugas. Jiaaaah sebelomnya mana pernah gw begadang demi tugas, begadang demi nonton iyaa, haha.. Dosennya juga pinter&sabar. Dosen 1 namanya Pak Petrus, ciri khasnya punya lesung pipit, hihihi lucu, kalo dosen 2 namanya Pak Wisnu, ciri khasnya sering eh kayaknya selalu deng pake baju koko, hohoo.. Trus,,trus,, UTS gw nilainya ngepas bgt (pake standar SMA gw), tapi UAS nya sih sungguh menyenangkan, haiyaaa  ^_^ , trus quiznya juga lumayan. Oiya, ada Proyek Akhir-nya juga loh, kita disuruh bkin sesuatu yg bertema “mendigitalkan dunia”. Gw kelompok 5, bareng Dani, Enggar, Yogi. Kita bikin simulasi pengendali artileri (pokok’e kereeen daah..), puassss..puassss… udah bisa bikin game sendiri, oupsss.. rame2 deng sekelompok, hahahaa..

 

MD1 (Matematika Diskret 1)

Di MD1 ini kita belajar mulai dari logika, ada logika proposisi (kayak yg diajarin waktu SMA) sama logika predikat (yang ampe sekarang gw gak terlalu menguasai), trus ada himpunan, fungsi, induksi matematik, sama terakhir ada teori bilangan. Kenapa namanya MD1? Karna ntarnya bakal ada MD2, hahahaa.. (dudul abis dah gw) Nama dosennya Bu Belawati, beliau walopun udah berumur tapi ngajarnya masih semangat loh, saluuut gw. Ngasih nilainya juga baeeeek bgt, gw gak nyangka kalo ujian 1 sama ujian 2 gw bakal dapet segitu, coz kalo gw yg nilai sendiri aja mungkin gak sampe segitu, beliau baek sih, kalo kita jawab tapi salah nilainya juga dikasih lumayan (gak kaya dosen DDP gw yg pelit, salah dikit ya langsung dikurangin banyak, bahkan ada yg gak dikasih nilai sama sekali,  =( hadooooh dr td gw ngejelek2in dia mulu dah, ampuuun… ampuuun…  ^_^ V). Trus cara penilaian ujiannya enak bgt, nguntungin kita deh, dari 3 ujian, nilai yg paling gede bakal jadi 35%, trus yg tergede ke-2 bakal jadi 30%, dan yg terkecil jadi 25%, sisanya 10% dari PR. Coba semua matkul penilaiannya kayak gini, senangnyaaaaa, ahahahaaa.. Bagi gw, ujian 3 MD1 sama aja kayak ujian 3 DDP, paling susah dibandingin yg sebelomnya, skarang cuma bisa do’a smoga nilainya gak parah2 amat ^o^. Hoiyaa asdosnya ada K’Yuli, K’Eva, sama K’Widia, mereka baek2 kok tapi jarang bgt ngadain asistensi, gw inget bgt asistensi itu cuma 3x, dan pernah 1 pertemuan waktu persiapan ujian 2 yg dateng cuma 3 org (gw, Dani, Amed), hahahaa..

 

MPKT (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi)

Hadoooooh waktu awal2 gw gak tau ni mata kuliah isinya bakal ngapain aja, ternyata pas dijalanin gak kebayang tuh dari judulnya yg dulu gw pikirin, jauuuuuuh bgt khayalan gw, hahahaa.. Jadi di sini tu kita belajar diskusi, presentasi, ngisi borang, bikin makalah, bikin LTM(Laporan Tugas Mandiri). Tapi bahan diskusinya tuh bikin gw males bgt, soalnya materinya kayak PPKN tau gak. Dan ujiannya tuh disamping ada ngarang indah (pendapat kita tentang suatu kasus), ada juga teori2 yang keluar dari 3 jilid buku itu. Jujur ajaaah, tu buku2 baru gw baca beberapa hari sebelom ujian doang, hahaaa parah kan gw, pdhl ini 6 SKS loh. Abis gw kan gak demen ngapal2in begituan, arti ini, arti itu, huufff.. Enaknya sih kelas gw dapet kelas CML, jadi diskusinya kayak chatting gitu, yaaa lumayan deh bisa sambil ngenet juga, wkwkwk.. Dosennya kocak si, sante, cuma apa2 dy slalu bilang “minus 10”, (kita gak dateng -> minus 10, telat ngumpulin tugas -> minus 10, berisik -> minus 10), jadi dy dikenal dengan “Dosen minus 10” hahahaa… Hoooiya, ini satu2nya mata kuliah yg bikin gw dosa, coz gw bo’ong mulu kalo bikin LTM, gw sering nyantumin kalo sumbernya dari buku “bla..bla..bla..”, padahal gw ngambilnya dari internet dan sama sekali isi LTM gw gak ada kaitannya sama buku yg gw cantumin itu, haiyaaaaahahahaa piiiis… *ampun ya Allah, cuma di matkul ini doang*

 

MPK Bahasa Inggris

Kalo mata kuliah ini standar2 aja jalan ceritanya, hehehee.. Yaa kurang lebih masih mirip2 lah kayak waktu SMA. Belajar tenses, passive-active, clause, bikin article review, paragraph, essay, summary, presentasi. Tapi sedih bgt gw UTS nilainya masa’ kepala 6, seumur2 bhs Inggris dari SD kagak pernah dah separah itu. Gak hoki nih gw dapet dosennya, kalo ujian tuh 4 kelas mulainya barengan, tapi seringnya kelas gw yg keluar duluan, ini bukan karna anak2nya udah pada selese, tapi karna dosennya sok disiplin, UAS 2 jam ya 2 jam, pdhl kelas laen ada yg sampe 2,5 jam. Sebel bgt gw, gak fair! Seandainya masih dikasih setengah jam lagi kan gw bisa ngerjain yg bloman atau gw bisa ngecek2 kalo ada yg salah nulis, huuuuuuh… ={

7 thoughts on “Matkul semester 1

  1. de, bu bela ngasih nilainya baik >_<, itu kan sama lo doang? xp
    ~hehe, damai bu’, saya g protes kok sama nilai saya. si ade aja yg kepinteran. Yee PA kita dapet 3 digit nilai, seneng gw…

  2. @ dani : eh serius, bu bela baek bet tau.. hehee.. Yaaah sayang sekali Dan, nilai PA gw gak se-perfect lw.. Gw cuma 98,66.. Semuanya pasti ngisi lw 6 semua, kan lw yang penanggung jawab konsep & integrasi rangkaian, hehe.. Mantep dah, Congratz yup & Terima kasih atas kerjasamanya =D

  3. @dani : bnr jg lw Dan,yg pntg hurufnya, yo’i dah yg dpt A++, wkwkwk.. Btw,thx y ngsih gw 6 =)

    @k’agung : emg g blh y ka’? Kan drpd ngomongin ddpn orgny mndingan ngomongin di blog,hehe..

  4. gw sering nyantumin kalo sumbernya dari buku “bla..bla..bla..”, padahal gw ngambilnya dari internet dan sama sekali isi LTM gw gak ada kaitannya sama buku yg gw cantumin itu

    ahaha makanya karma lo dee. karmaa! ga boleh boong biar dapet A tuh. hihi😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s