Sudahkah Anda siap untuk menikah?? ^o^

Halaah halaaaah pasti Saudara-Saudara pada kaget yak kok bocah kayak saya ini berani-beraninya nulis judul tentang beginian? Heheeheee..😛 Ini gara2 hari Jum’at kemaren ikut acara Muslimah Gathering (MG) yang diselenggarain oleh Keputrian FUKI Fasilkom, naah temanya itu tentang “Figur Mulia Istri-Istri Rasul”. Trus inti ceramah dari ustadzahnya itu ya tentang bagaimana Istri2 Nabi Muhammad SAW berjuang di dalam membela agama Allah (generalnya) dan juga bagaimana mereka bersikap kepada suaminya (spesifiknya).

FYI, sebenarnya gw tuh waktu kecil punya ketidaknormalan dalam hal beginian, hahaa… Jadi, biasanya anak2 kecil, khususnya yg cewek tu kan demen maenan penganten2an yang didandanin trus centil2an dan segala macemnya itu lah, wkwkwkwk.. Tapi gw dulu malah berpikir, idiiih ngapain sih nikah2an kayak gitu, cowok itu kan suka bandel nyebelin, dan FYI lagi, waktu SD gw sering banget musuhan sama cowok sampe pernah berantem segala, hahaa.. Tomboy abis dah gw. Gak kebayang kalo ntarnya bakal hamil dan melahirkan, buset dah waktu dulu gw pernah nonton di pelm2 ibu2 yg lagi ngelahirin gitu, iiiih ogah bgt dah gw kayak begitu. Dan biasanya gw juga selalu menghindar kalo ada yg ngomongin tentang nikah dan sebagainya itu. Lalu akhirnya gw mulai sadar kalo cewek itu ya kodratnya begitu. Mau gimana lagi?? Masa’ mau minta dilahirin lagi jadi cowok? Zzzzz, gak mungkin lah yaa..:mrgreen: Dan diskusi kmaren itu benar2 memaksa otak gw untuk mulai memikirkan masa depan dan target untuk menikah, hadooooh… tolooooong… 

Sepertinya ustadzahnya itu agak menyindir gw (ge-er mode : on)😆, “Udah kuliah gini, mw umur brp target menikah? Ikhwan aja rata2 targetnya umur 25, berarti kalo akhwat kan dibawah 25.” Degg,😯 walopun ngomongnya sambil becanda, tapi kyknya kok bener2 membuat gw mikir yah. Akhirnya gw mencoba berintrospeksi diri, iya juga yaaa temen2 sekomplek rumah gw aja udah pada banyak yg nikah (temen2 sekomplek rumah gw itu emg rata2 umurnya bbrp tahun di atas gw). Laaah bocah kayak gw ini sebagai seorang cewek punya modal apaan buat nikah???

  1. Masih bocah berusia 18 taun yg masih suka ngambek, manja, dan cengeng
  2. Gak bisa masak gara2 trauma sama kompor (soalnya dulu gw pernah ngeliat secara live pas dapur rumah gw hampir kebakaran)
  3. Gak bisa dan gak suka dandan, malah lebih suka style  yg sporty (tiba2 teringat kata2 si feby kalo gw ni udah kayak cowok dikerudungin, hahaaa..)
  4. Blom bisa pake jilbab panjang (yg akhwat bgt gituu), perasaan gw blom pantes aja dan gak pe-de (takut dibilang jilbabnya panjang kok kelakuannya kayak gitu, kontradiksi bgt)
  5. Tampang juga tidak bisa diandalkan (tumben nih gw rendah diri, biasanya kan suka sok ngaku2 cantik :mrgreen:)
  6. Kadang suka males2an kalo disuruh2 (disuruh bonyok aja yg udah kenal dari lahir kadang males2an, apalagi disuruh sama suami yg bisa dibilang baru kenal, mungkin dlm hati gw bakal bilang “Who are u?”)
  7. Susah bgt buat belajar setia (padahal seorang istri kan harus setia walopun suaminya boleh berpoligami, huuuh😦, contoh kecil aja nih, masa’ yah gw pernah suka sama 7 orang dalam waktu yg bersamaan, huahahahaa.. tapi sekarang tinggal 2 orang sih, seakan2 udah berhasil mengeliminasi 5 orang aja, halaaah halaaah kayak merekanya juga suka sama gw aja, hihihii.. )

Tuh kaaaan apa coba modal yang bisa dibanggakan dari seorang gw??? Hiks.. hiks.. hiks….😥😥😥 Anybody has a solution??? ❓ Mw ngasih nasehat ato apapun bakal gw terima dengan senang hati kok…:)

Hmmm, kalo buat ikhwannya, kalo gak salah ada hadits yang menjelaskan kalo seorang laki2 boleh memilih calon istrinya berdasarkan 4 hal ini, yaitu hartanya, kecantikannya, keturunannya, dan agamanya. Tapi yang harus diutamakan adalah agamanya. Mungkin istilahnya inner beauty itu lebih diutamakan, gitu kali yeee.. Jadi, ikhwan yang baik akan memilih akhwat yang cantik hatinya, not just physically beautiful, hohoooo sotoy dah ni gw😳. Tapi bener gak nih ky gitu wahai para ikhwan??😛

Oiya, kmren ada 2 pertanyaan yg masih gw inget. Yang pertama dari Kak Yuni, “Kalo ada yg mau ta’aruf sama kita gmn pdhl kita kan msh kuliah gini? Trus kalo kita gak suka dan nolak gmn? Soalnya kan sejarahnya kalo nolak cowok gitu kan ntar malah gak dapet jodoh.” Trus dijawab sama ustadzahnya, “Yaa bukannya nakut2in ya tapi emg kadang2 hal itu beneran terjadi, pas umur2 muda gini ada yg mau sama kita trus kita tolak, eh pas kita udah berumur >25 gak ada yg ngelamar2, jadinya nyesel kenapa waktu itu gak diterima aja. Trus kalo nolak itu harus dengan alasan yg jelas, kalo masalah masih kuliah dan blom siap itu mah bukan alasan yg jelas, kalo emang niatnya gede untuk mendapatkan pendidikan yg tinggi, walaupun udah nikah insyaAllah masih tetep bisa dilanjutin kuliahnya”. Dong.. dong.. dong.. Sumpaaaah ye gw denger gini jadi berasa gimanaaa gitu🙄. Trus pertanyaan kedua dari si Mega, “Mungkin gak seseorang tu gak punya jodoh sampe mati? Trus tips mencari jodoh yg baik gimana?” Ustadzahnya ngejawab, “Jodoh itu udah ada qodarnya yg ditentuin oleh Allah, kan manusia itu udah ditakdirin untuk berpasang2an, tapi mungkin aja terjadi karena dia yang nolak jodohnya (nyambung ke pertanyaannya k’Yuni tadi). Trus tips mencari jodoh yg baik itu ya pastinya harus seiman, dan sering2 ikut Majlis Ta’lim ibu2 biar bisa dikenalin sama anak laki2nya.” Huahahahahaaa ngakak abis gw waktu itu.

Sekian dulu ya sharingnya, ntar kapan2 disambung lagi deh kalo ada topik yg menarik lagi, hehehee..🙂

39 thoughts on “Sudahkah Anda siap untuk menikah?? ^o^

  1. hmm hmm ~gw baca sambil senyam senyum. hahahaha.

    ooh.. tinggal 2 nih de??:mrgreen:

    Tuh kaaaan apa coba modal yang bisa dibanggakan dari seorang gw??? Hiks.. hiks.. hiks…
    lo pinter de, jago ngoding, jago semua pelajaran deh. trus lo itu teman yang baik, lucu pula.🙂

    ikhwan yang baik akan memilih akhwat yang cantik hatinya
    insya Allah.. aamiin yaa rabbal aalamiin..🙂
    oiya, menurut gw, ikhwan yang baik ga melihat akhwat dari luarnya aja. misal: dari panjang jilbab. belum tentu kualitas keimanan dan ketakwaan akhwat yang berjilbab panjang lebih baik dari kualitas keimanan dan ketakwaan lo de..🙂 oleh karena itu, yok tetap semangat untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, de.🙂

    hmm.. yg pertanyaan ka yuni.. gw juga jadi agak gimanaaa gitu. hahaha. nyokap gw juga bilang katanya ga baik nolak lamaran orang. nyokap gw dikasitau ompung gw. hahaha. turun temurun gitu. :p

  2. huhu, ade2, lo bikin gw ngakak pas liat blog lo.

    jawaban gw: siaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaap sedia komandan!!
    bwahahahahahahhahaha

    nolak lamaran orang? gw sih mikir, emang masih ada y yg suka mendadak dtg ke rumah dan lgsg ngelamar? hehehe

  3. Gak kebayang kalo ntarnya bakal hamil dan melahirkan, buset dah waktu dulu gw pernah nonton di pelm2 ibu2 yg lagi ngelahirin gitu, iiiih ogah bgt dah gw kayak begitu.

    sama banget, gue juga dulu gini. sampe akhirnya nyadar juga sih beberapa tahun yang lalu.

    haha, bingung juga tuh kalo nolak lamaran pas kuliah, apalagi masi S1 gini. justru gue diwanti-wanti biar sebaliknya. ntar kuliahny keganggu lah, ga slese, blablabla. soalnya emang pengalaman klg besar gue gitu sih. cumaaan ya ada yang berhasil juga, ya berarti emang realistis ya…

  4. Gak kebayang kalo ntarnya bakal hamil dan melahirkan,…

    Sama ky Yasmin dan Ade, sy jg ga pernah kebayang😆 .

    Ikhwan aja rata2 targetnya umur 25, berarti kalo akhwat kan dibawah 25.

    Hmm…, mungkin ustadzahnya pernah melakukan survei. Tp klo sy rasa2in sih yg bener itu “Ikhwan rata2 target maksimalnya umur 25.” Entah itu cuma sesumbar doank ato emang udah kebelet (baca: dah siap😎 ).

    Tentang “berarti kalo akhwat kan dibawah 25”, sy jg smpat mikir misal menikah dg ukhti akhwat😛 yang memang lebih muda dan terus oranya cerdas (cemerlang dlm bidang akademis), si suami bakal merelakan istrinya untuk kuliah di luar negeri atau justru si istri yg harus rela mengikuti suami. Hmm…..

    ~kayaknya mbak-mbak di atas sy ini dah pada siap nikah nih😀 .
    ~ternyata, cewek2 FUKi klo jumat ngrumpinya kaya gini. Baru tw gw:mrgreen: .

  5. jadi malu sendiri bacanya :p

    sepertinya pipit gak perlu bikin resume lagi nih.. kopas aja dari blognya ade ^^

    wajar sih klo umur segini udah miirin hal yang sejauh itu. temenku yg di pesantren aja katanya pas lulus smp udah ditanyain, “udah siap nikah belom?”

    usia sih gak mencerminkan kedewasaan seseorang…

  6. @ ikhma :
    iyaa skarang tinggal 2, hahahaa
    makasiii ikhma, kau memberiku smangat, hehee🙂
    he’eh, ntah mengapa itu sudah mengakar di budaya pemikiran kita, halaah halaaah…

    @ runi :
    cieee runi yg udah siap, huahahaaa:mrgreen:
    tu buktinya terjadi di sodaranya ikhma dan yamin..

    @ yasmin :
    ya kan min, dulu mah serem ngeliat pelm2 yg begituan, hohoo..
    weeew, gw jadi teringat obrolan kita di kantin di tempat sate ayam pas solat jum’at minggu kmren..😛

    @ k’agung :
    hahahaaa sy juga gak kebayang kalo orang ky k’agung hamil dan melahirkan, huahahhaaaaaa:mrgreen:
    bedanya ukhti ama akhwat apaan si? maklum sy gak pernah belajar bhs arab, hahaaa..
    laaah, k’agung kan pinter tuh, jadi bareng2 aja nanti sm istrinya kuliah di luar negri😛
    wowoooo, itu cuma jum’at kmaren doang kak, gak selalu tiap jum’at, hehee..

    @ eka :
    wehehee knapa malu eka?
    hihihiiii jadi gak enak nih udah ngeduluin blognya keputrian fuki, hehee..😛
    baru mikirin belakangan ini doang kok ka.😳

    usia sih gak mencerminkan kedewasaan seseorang…
    sepertinya ini quote yg oke..🙂

  7. oooh jadi sepertinya k’agung akan menikah dengan akhwat ya bukan dengan ukhti? (nyindir mode : on) hahahaaaa
    piiiiiis om ^^V

  8. Siap2 !😀

    Orang ALLAH aja bilang kita harus ber-fastabiqul khoirot alias berlomba2 dalam kebaikan, menikah itu ibadahkan ?!? Orang nyempurnain separuh agama juga..🙂

    Emang kamu kayak gitu yak ?!?
    Jangan salah lho, apa yang kamu kira belum tentu apa yang orang lain kira..Tawadhu’ bener nih si ade..ckckckck..
    Kalaupun bener berubah wujud dong, Power Ranger aja bisa berubah wujud masak ade gak bisa…😀

    @ aruni :
    iya run, kayaknya gak ada, abis pada keder duluan takut ketemu…
    cukup taulah ya !🙂

  9. @ k’bigza :
    widiiih, sepertinya sejarah ketua angkatan ganjil akan tetap diwariskan nih, huehehehe…🙂
    iya kak, kyknya sy emg begitu, huhuuu T.T
    amiiiiin, doakan sy biar bisa berubah jd lbh baik y kak..

  10. wah, ade harus dicontoh nih, rajin dateng ke acara2 FUKI😀
    tapi jujur, pertama baca judul postingannya rada kaget juga..😀
    o iya, kayaknya kalo semua acara FUKI dibuat rangkumannya bagus tuh..🙂

    @big
    big mah ditanyain kayak beginian selalu siap, tapi fastabiqul khoirotnya jangan dalam beginian aja big..🙂

    ~ ooo.. ternyata yang dibahas keputrian FUKI kayak gini ya.. jadi tahu..

  11. hohoho, udah timbul “fitnah” ni di acara Keputrian..(^^)
    gapapa si, kan emang hal2 yang begituan perlu disiapin dari sekarang..🙂

    postingan yang oke de!

  12. @ k’topan :
    hehee😳, makasiii kak..
    waaah, k’topan blom tau ya? keputrian fuki kan juga punya blog loh, jadi disitu ada review2 kegiatannya keputrian fuki khususnya..🙂
    Keputrian Fuki

    @ miftah :
    wuaduuh masa dibilang fitnah?? hehe
    yup, sepertinya itu memang perlu disiapkan sejak sekarang..
    waaaa, makasiii ya miftaah..😛

  13. Bagus2…
    Setelah baca lagi, kejem juga ya tu si feby, masak dibilang cowok dikerudungin ?!? Masalahnya ade lebih macho dari cowok..😀

    Enggaklah, masih kelihatan cewek kok, apalagi klo jilbabnya dipanjangin kayak mas-mas yang di fuki eh..mbak2 !
    kan lebih mantap Gan ?!?🙂
    uda pinter, jago ngoding, lucu (katanya ikhma nih), terus akhwat pula..wah2..dijamin deh feby pasti narik kata2nya malah kecantol lagi jangan2…hahaha!😀

    Btw, kok blognya keputrian diumbar2 ?!? Bukannya gak boleh ya ?

    @ topan :
    eh..ente pan,,ane jadi malu !😀

  14. @ k’bigza :
    wehehee, ketauan nih yaaa yg sering buka n baca blog sy, hahaha..
    waaaah parah ni k’bigza malah ikut2an ngatain sy juga, huhuu..😥
    innalillahi, jangan sampe deh si feby kecantol sama sy, gaswaaaat..:mrgreen:
    hah? kata siapa kak kalo blognya keputrian fuki gak boleh dipublikasi?

  15. haduh haduh.. anak muda jaman sekarang,,
    bahasannya ya……
    mentang2 dah kuliah ni..
    mm.. kenapa si orang2 suka ngomongin beginian?
    agak anti sebenernya ngomongin begininan…😳

    oya, mampir ke blog fitri ya..
    tukeran link ya de…🙂

  16. @ k’fitri :
    hohohooo.. awalnya juga gak kepikiran kalo bakal nulis beginian kak..😛
    agak anti?? saru gitu ya kak maksutnya?
    iyaaa insyaAllah, oke deh ntar di-link balik..
    makasi ya kak udah mampir🙂

  17. bagus tulisannya,
    entah mengapa sepertinya mulai ngetren kembali nikah cepat di kalangan kawula muda….

    klo dulu2 kan dipaksa kayak siti nurbaya,

    klo sekarang sepertinya karena kesadaran sendiri, atau atmosfir2 kembali-ke-agama yang makin mantab akhir2 ini…

    ____________

    BTW, saya setuju banget sama nikah cepet,
    sekaligus mempromosikan hub alternantif pacaran2 yang nafsu semata…
    dan saya pikir pernikahan itu gak berarti harus langsung punya rumah sendiri, anak sendiri, keribetan2 sendiri…
    jadi bisa dibuat tidak terlalu mengganggu karir & akademis yang sedang dititi…

    ____________

    tapi yang bener BANGET proses kenal-mengenal kepribadiannya…

  18. innalillahi, jangan sampe deh si feby kecantol sama sy, gaswaaaat..

    salah de.. harusnya.. naudzubillah.. ~kabur,takut dijitak oom peby. hahaa

    @ipul : atmosfir2-kembali-ke-agama-yang-makin-mantab-akhir2-ini sepertrinya didukung oleh film film seperti AAC, perempuan berkalung sorban, dll lah.. dan juga buku buku seperti AyatAyat-cinta, syahadat-cinta, makrifat-cinta, blablabla-cinta. hahaha.
    media memang mendukung trend yang selanjutnya akan berkembang ya. hehe. :p
    tapi yang bener BANGET proses kenal-mengenal kepribadiannya…
    yup, setuju!

    @kak fitri: kenapa anti? kan seru ngomongin beginian. hahahaahaha.

    @ade: wah.. ade, satu lagi kehebatanlo: new blogger tapi postingannya oke oke dan rame pula. hehehe. gw jadi rajin kunjungin bloglo de..😀

  19. Wah tinggal 2 cowok???
    Berarti mbak bisa tenang dong sekarang karena nggak harus pusing nyari-nyari lagi nih….
    Nice posting.
    Salam kenal dari blogger Jatim.
    Boleh nggak nih kita tukeran link???

  20. @ade n ikhma
    iya ni,, sebenernya agak anti kalau ngomongin beginian..
    kenapa?
    mm.. mungkin kalau fitri ditanyain pertanyaan kayak judul di atas sekarang, fitri yang saat ini akan sangat bingung harus jawab apa..
    makanya, sekarang masih belajar dan mempersiapkan diri..
    dan sedang ‘menyelidiki’ figur-figur para wanita hebat yang jadi istri dan ibu yang mulia..
    seperti khadijah, aisyah, fatimah, n my mother..
    supaya kalau pas ‘tiba saatnya ditanya’ pertanyaan yang sama, insyaAllah bisa fitri jawab dengan yakin dan pasti..
    yah.. agar segalanya indah pada waktunya.. hehe:mrgreen:

    ~tadinya mau nulis blog juga abis MG tentang beginian,, judulnya “jadi anak seperti fatimah, jadi istri seperti khadijah”
    tapi malu nulisnya.. karena yang baca blog ga semuanya akhwat si..😳

  21. @ rizky :
    eeeh ada bang ipul disini, hehee…
    waaaah manstab sekali pemikiran bang ipul ini, sangat idealis..
    hmmm, iya sih mendingan gitu juga daripada pacaran2 gak jelas yg nafsu2 doang.. huff.. 🙄

    @ ikhma :
    hahahaaaa oiya ya, harusnya gw bilang naudzubillah min dzalik..:mrgreen:
    waaaa makasi ikma udah sering blogwalking-in gw😳, lw kan juga lebih berpengalaman di bidang blogging drpd gw, hehee..

    @ rudy :
    yaaaa yg gw suka sih ada 2 org, hahahaaa… tapi blom tentu juga mereka suka sm gw😆
    slm knal jugaaa, oke boleh2, ntar tak link balik ya..

    @ k’fitri :
    agar segalanya indah pada waktunya
    wuaduuh kayak di pelm2 aja, hehee..
    hooo mw nulis juga yah kak? ayooo kak tulis aja, ntar insyaAllah sy baca🙂. lagian ntar kalo ikhwannya baca kan malah bisa nambah wawasan mereka ttg pemikiran para akhwat, hahahaa…

  22. YA! tuh pertanyaanlo gw yang jawab ya de..
    belom ada yang jawab kan daritadi..hahaha

    yah gw kira ini diperuntukkan buat ajang cari jodoh..
    tadinya gw mau masang iklan jejaka tinggi 183cm/80kg, agama islam bukan di ktp aja, suku sunda, keturunan orang baik2, mencari wanita muslimah baik hati nan penyayang anak2, bisa masak enak, terutama opor ayam, sambal goreng balado, pepes ayam, pepes ikan, dan pepes2 lainnya, sayur asem, tempe tahu yang garemnya ngepas, sambelnya sekalian, sama lalapan jangan lupa. cemilannya piscok, cheese cake, dan cemilan bergizi lainnya. sekalian buat dibawa ke kantor juga yaa nanti cemilannya..

    hihi, soalnya kalo kata nyokap gw itu gak penting deh cantik, pinter, dll, yang penting itu bisa masak!😀

    yak, pendaftaran dibuka, hubungi aja nomor dibawah ini, ni..
    087654321xxxxxx

  23. @ k’deni :
    itu udah dijawab kali sebelomnya sama runi & k’bigza..

    hahahaaa mantan asdos gw yang 1 ini emg oke, high-class, n pe-de abis dah:mrgreen:

    yang penting itu bisa masak!
    waaah parah lw kak, nyindir gw, gw kan gak bisa masak huhuhu😥

  24. @ ikhma :
    k’deni mah emg gitu ma, yaa gw sih ud trbiasa dg skpny itu slama diasdosin dy (hahaha piiis ^^V k’deni)

    @ runi :
    maklum run, artisnya fasilkom emg slalu m’buat kehebohan😛

    @ k’deni :
    wuaduuuh jangan donk kak, ntar ada yg jealous nih, wkwkwkwkwk:mrgreen:

  25. yang jadi pertanyaan adalah, siapa yang jealous de?

    hahahahahhahahaha, ehm, siapa yah :p
    @k deni: ah, gile lo kak, kyk gw emang dah siap aja, hahaha
    jangan ama big lah, yang lain sajaa, lalala~aaa

  26. Assalamualaikum. Ga sengaja blogwalking, ternyata ada topik yang seru. Lucu postingannya. Aryu jadi inget masa2 pas muda(2 thn an lalu).

    Ikutan nimbrung ya.. rata2 ikhwan sekitar 25 > yup, setau saya umur segitu(katanya c meniru Rosul). Tapi klo temen2 Aryu banyak juga yang ngebet nikah sekarang, ada juga beberapa yang sudah nikah pas kuliah ( yang ini tentunya berpahala daripada ikut2 an arus pacaran).

    Kalo aryu sendiri, ngebet2 pengen mikirin nikah malah semester 3-4. Sekarang otak uda ga kepikiran itu. Masi banyak target yang belum dilaksanakan sebelum nikah. hehehe.. Tp ga taw lagi ntar klo brubah pikiran. wkwkwkw

    Ow ya, aryu pernah nulis di blog tentang kriteria calon suami. Ikutan nimbrung juga ya di sana
    http://aryu.wordpress.com/2009/03/06/jawaban-standar-wanita-tentang-kriteria-calon-suami/

    ::Salam kenal y, arianayunita::

  27. @ runi :
    yaaaa pokoknya ada yg jealous gitu deh run😳, kayak gak tau aja lw, wkwkwkwk…

    @ aryu :
    hehee makasiii, iyaa udah gantian blogwalking kok🙂
    yo’i bener bgt tuh, banyak bgt hal2 / target yg pengen dilakuin sebelom nikah, istilahnya “pengen menikmati ke-singlean dulu”, hahahahaa:mrgreen:

  28. Kapan nikah???
    Mei..
    Meibi yes.. Meibi no..
    hehe..

    yang pasti timing-nya ketika saya niat dan semua parameternya terpenuhi,
    soalnya nikah itu ndak cuman cinta semata kan?
    mau dikasih maem apa anak sama istri?
    cinta?

  29. Kata rosul, ada dua hal yang kalo diobrolin ga akan pernah habis. Mereka adalah wanita dan ghaib. Coba aja, klo kamu cerita2 setan, bisa lama tuh ceritanya. Nah, klo wanita, itu karena Rosulullah lagi ngobrol sama laki2. Maksudnya ya beginian. Gitu..

  30. @ asad :
    wahahaaa dasar mas asad maunya…😛

    @ k’megan :
    mantap kali pemikiran seorang k’megan ini..
    btw, emg cinta bisa dimakan ya? hahahaa:mrgreen:

    @ k’agung :
    maksutnya postingan yg ini kebanyakan yg ngomen ya kak? gak ada abisnya gitu?😆

  31. hhhaaaaaaaaaa……kocak de……

    tp klo sekarang pertanyaan itu untuk lw gmana de?
    sudahkah anda siap untuk menikah?… wkwkwkk
    tp emang dari pada pacaran ya ga siy?. yang ada malah dosa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s