Semester Tanpa Mata Kuliah Hiburan

Baru aja gw lewatin semester 3 (semester yang semua kuliahnya berat tanpa mata kuliah hiburan pertama) setelah melewati semester 2 dengan hiburan kuliah fisika yang nilainya udah terjamin, di kelas cuma senang-senang, dan semseter 1 dengan kuliah mpk b.ing yang gak banyak tugas dan mpkt yang agak sedikit rese tapi waktu kuliah bisa sambil ngenet, hahaaa… Secara resmi tanggal 28 Desember 2009 semester 3 pun berakhir dengan penutup UAS PPW dan Tugas2 SDA jam 21.00. Oke, ini dia matkul-matkul yang gw ambil di semester 3. Let’s check them out…

Kalkulus2
Weeew, lanjutan kalkulus1 nih, dan gw berasa belom dapet apa2 di kalkulus1, karena pas ditanya2in banyak yg lupa ataupun belom dapet, hiks..๐Ÿ˜ฅ Belajar tentang barisan, deret, integral lipat, turunan parsial, vektor, dll. Kuliah ini sangat butuh konsentrasi, kalo gak konsen dikiiiiit aja, udah deh ke belakangnya bakal banyak yg missed sampai jam kuliah selesai, and it happened to me. Dosennya emang cocok dan bagus banget buat anak-anak axel sih kayaknya, jadi gw yg anak standar agak sedikit kelabakan untuk nerima. Generally, she’s cool, she gave much knowledge to be applied in our daily life, and she’s very creative to relate it to the lesson which was going! Great!๐Ÿ™‚ Well, my bad and ashaming exam1 score gave me more spirit to study harder in the next sessions, then I took revenge in exam2 and exam3 scores๐Ÿ˜›.

Fisika2
Kuliah yang paling gw gak suka. Yaaak, gw emang gak suka fisika dari SMP. Setelah SMA gw berharap ga ketemu lagi ama fisika. Tapi apa boleh buat, ternyata gw harus menambah 1 tahun lagi bersamanya. Di sini belajar tentang listrik, magnet, optik, superposisi, interferensi, difraksi, lalalaaa mirip2 lah kayak di SMA. Sebenernya dosennya sih enak-enak aja ngajarnya, qualified pula dari Amrik, tapi karna dasarnya gw udah ga suka ama kuliahnya, yaaaa gak terlalu ngaruh juga๐Ÿ˜›. Selama kuliah gw mencoba untuk tetep serius dengan duduk di depan, walopun temen2 gw biasanya pada mundur beberapa baris ke kursi belakang dan mulai pada membuka laptopnya, (~no offense guys) hahahaaa.. Kalo gw ikut2an dan bonyok gw tau misalnya, dimana tanggung jawab gw dan mau taro dimana muka gw udah kuliah dibayarin mahal2 malah maen2. Ok, I’ll try to be patient with this course, walaupun gak ngerti2 banget sih apa yg diterangin, wkwkwkwk..:mrgreen:. Thx buat abie yg udah bersabar ngajarin gw yg lemot ini. Kalo ga ada dia gw gatau deh nasib fisika gw gimana. Selama 1 semester ini dikasih 2 PR yang semoga nilainya membantu UTS ama UAS yang susaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah bgt๐Ÿ˜ฅ. Dapet B aja kayaknya gw udah syukur bgt dah kalo fisika, karna gw tau dan sadar gw emang gak mampu di mata kuliah ini.๐Ÿ˜ฆ

OSK (Organisasi Sistem Komputer)
Di sini belajar tentang processor, memory, disk, dan dalem-dalemnya komputer yg lain. Hmmm, sebenernya kuliah ini tugasnya gak seberat kuliah yg laen sih. Tapi yang berat itu adalah mencoba bertahan di kelas biar gak ngantuk, hahahahaa… Udah kelasnya dingin, ini satu-satunya kuliah gw yg diselenggarain di atas jam 12 siang, alhasil ngantuk-ngantuklah jadinya, wkwkwkwk:mrgreen:, tapi ternyata ada yg udah prepare bawa permen buat dibagi2 sebagai Obat Penahan Kantuk (OPK), jadi OSK harus dilawan dengan OPK:mrgreen:, well, it apparently works to stand by for several minutes! hehee๐Ÿ˜€

Basdat1 (Basis Data / Database)
Awal-awalnya ni kuliah boring banget pake metode CL/PBL, home group, focus group yang bikin gw kapok mengingat di masa mpkt. Trus content kuliahnya juga teori semua, aaaaaah ga suka banget gue. Mana sempet 1 kelas mostly pada salah konsep semua gara2 cuma diceburin ke fg, hg dengan modal baca buku sendiri, padahal this is a totally new for us, buat gw sih pastinya, gak mungkin kan gw ngomong ngasal tanpa ilmu, gak kaya mpkt yg bisa modal cuap-cuap doank๐Ÿ˜›. Mungkin akhirnya dosennya sadar juga kalo metode ini gak cocok, jadi gak dipake lagi, hahaahaa horeee.. \(^.^)/.ย  Lama-lama suasana di kelas udah gak memboringkan lagi seperti di awal, bahkan jadi asik, karna dosennya yg gokil, kocak parah, dan bisa bikin mahasiswa aktif di kelas terutama ketika mulai masuk Bab ER sampe Bab-Bab selanjutnya yaitu EER, mapping, FD (Functional Dependency), SQL (Structured Query Language) dengan di-iming-imingin bakal dikasi coklat buat yang sering nanya. Huaaaah ternyata dosennya serius, di akhir kuliah pas mau UAS buat yg paling sering nanya atau maju ngejawab pertanyaan beneran dikasi coklat, weitss coklatnya gak sembarang coklat cuy, gw merasa beruntung dapet coklat gara2 cuma modal bawel dan berani menanggung malu kalo salah jawab doank, hahahaa.. thx banget ya Pak๐Ÿ˜€ Selain itu asdosnya baik juga, dari 2 hari sebelom UAS gw sms-an ama asdosnya. Do u know what’s the content of the message? Semuanya isinya SQL-query, hahahaaa jadi dia ngelatih gw dengan ngasih query2, trus gw bales nulisin query-nya yg dia minta sekalian minta periksain bener/gaknya query yg gw bikin. Alhamdulillah lumayan ngebantu juga tu latian buat UAS๐Ÿ™‚

PPW (Perancangan Pemrograman Web)
Mungkin temen2 gw udah banyak yg bermodal karna udah diajarin di SMA nya. Tapi ini baru buat gw. Belajar tentang html, css, javascript, php, ajax, framework, dll. Kadang2 kalo lagi di kelas anak2 suka pada terpana gitu karena ada hal2 baru dan keren yang dijelasin sama dosennya:mrgreen:. Kalo di kuliah ini catetan gw tulisannya paling jelek kayak tulisan dokter๐Ÿ˜›, karna buru2, abis dosennya ngajarnya kilat banget, sebenernya lumayan jelas sih, enak juga cepet nangkep, gak neko2, cuma ya itu kilatnya gak nahan, hahaaa๐Ÿ˜€. Although I did a really really silly thing in the mid test that I shouldn’t do it again later, Alhamdulillah, I could do something better in the final test (5 special days for PPW :D).

SDA (Struktur Data & Algoritma)
Khusus kuliah ini bakal ada postingan khusus untuk nyeritainnya, wkwkwkwk:mrgreen:.

Overall, gw gak nyesel ngambil cuma 19 sks. Karena emang normalnya segini. Sekali lagi gw bukan anak axel yang bisa nyodok2, dan gw gak berani ngambil resiko. Kadang2 gw ngerasa minder sih sama temen2 di sekeliling gw yg pada pinter-pinter, ngambil sks lebih, bisa ngatur waktu, jadi asdos, jadi bph/ketua/pj ini itu, ckckckck.. Subhanallah.. Gw yg bukan apa2 aja perasaan waktu 24 jam sehari tuh masih kuraaaaang aja, hehe.. Hope we can manage our time better and succeed in all courses. Well, see ya in the next post!

5 thoughts on “Semester Tanpa Mata Kuliah Hiburan

  1. jd inget postingan ade yg ky gini bwt nyeritain matkul semester 1..

    hmm.. gak tw knp, aku lbh bs menikmati semester 3 dbanding semester 2 yg kemaren.. walau gak tw apakah ipk bs meningkat ato gak. hehe..

    sayang, ade gak ikutan statistik.. klo ikutan, pasti cerita d postingan ini lbh seru :p

  2. @zana :
    hahahaaa statistik skrg bersama pak toe yg suka bw cucunya ke kelas ya? Hihihi.. (lol) Aku juga cukup “menikmati” statistik di SP kmren, kan ud diposting spesial tuh ttg statistik sblmnya..๐Ÿ˜€

  3. semester 3.. mengingatnya membuatku sedih..
    ~sejarah nilai terburuk fitri di fasilkom! haha๐Ÿ˜† –> jelek tapi bangga๐Ÿ˜›

    fisikanya ga kayak dulu ni.. aneh dah..
    dulu sama pak supri mah ladang A banget.. sangat membantu buat kuliah lain yang ga jelas itu.. hehe๐Ÿ˜›

    semangat ade!

    ~abis SDA, masih ada SC..

  4. Excellent write-up, I was impressed because your way of writing is different and as far as I been looking for these days, you definitely have many online visitors. Thumbs up.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s