Not A,B,C,D,E, But F (FAIL) -_-a

Bismillaahirrohmaanirrohiim…

Wheeew, nampaknya semester ini blog gw gak hidup ya xD. Walaupun gak pernah posting setidaknya masih menyempatkan untuk blog-walking deh. Yak, hari ini adalah hari terakhir di tahun 2010 sekaligus mengakhiri UAS semester 5 gw. Entah harus merasa bahagia atau merana setelah melewati UAS kemarin . Semester ini gw ngambil mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Sistem Cerdas (SC), Teknologi Mobile (Tekmob), Pemrograman Logika (Prolog), Penulisan Ilmiah (PI), dan terakhir S**tem Programming (S**tprog). Dan seminggu belakangan adalah minggu paling hectic di penghujung tahun ini. Yeaah, apalagi kalo bukan karena UAS tentunya. Okey, gw akan menceritakan tentang kejadian yang menimpa gw di seminggu belakangan ini akibat sifat deadliner dan Sistem Kebut Semalam (SKS) yang gw terapkan slama ini (padahal niatnya udah mo tobat tapi ga bisa2) T_T.

RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

UAS hari pertama. Well, untuk UAS hari pertama biasanya waktu buat belajarnya lebih banyak karena hari sebelumnya pasti libur. Hueee gak juga ternyata, dari malem Minggu sampe Minggu paginya gw malah ngerjain proposal penelitian PI. Jadi baru belajar RPL nya agak siang. Baca slidenya, baca bukunya, kerjain contoh2 soalnya. Berdasarkan informasi terakhir katanya boleh bawa catetan, lumayan lah ya yg udah dicatet slama ini kalo berguna😀. Tapiiii tiba2 sore2 ada pengumuman di scele kalo cuma boleh bawa buku dan slide doank, catetan ga boleh. Huaaa padahal gw lebih bisa mengandalkan catetan daripada slide, boros juga nyetak slide cuma buat sekali pake😦. Yasudah apa boleh buat kalo keputusan terakhirnya begitu. Oke, UAS pun dimulai. Waktu awal gw masih santai2 ngerjain di kertas buram, soalnya gw yakin banget kalo bikin sequence diagram dijamin pernah salah, makanya dari pada ntar kertas ujiannya jadi kotor gara2 diapus2 terus, gw bikin dulu aja di kertas buram. Udah gw mikirnya lama, bikinnya salah2 mulu, mau jadi apa @.@. Ternyata perhitungan waktu gw tidak cukup bagus, 5 menit terakhir gw baru mulai nyalin dari kertas buram ke kertas ujian, langsung ngebut to the max gw nulisnya ampe tangan pegel + keriting dan tulisan gw jelek kayak cakar ayam gitu gara2 buru2. Alhasil sampe keluar ruangan gw masih berasa deg2an dan tangan gw masih gemeteran. Well, lain kali harus pinter2 deh ngebagi waktu dalam ujian. 

SC (Sistem Cerdas)

UAS hari ke-dua. Hmm awalnya ini kuliah yang paling gw minati di semester ini, tapi bukan karna dosennya lho xD. Materi ampe UTS materinya masih asik, tapi abis UTS jadi makin abstrak dan lebih teori dan filosofis banget >,<. Gila ya 7 bab buat UAS dan masing2 rata2 lebih dari 100 halaman. Mabok gw bacanya. UAS ini boleh bikin notes 1 halaman A4 bolak-balik. Gw modal belajar dari slide dan soal-soal doank buat bikin notes itu. Yang materi teori rata2 gw baca sekilas doank dan ga nyatet istilah2 itu di notes. Dan ternyataaaaaaa… ada 1 soal (dari 5) yang bener2 isinya teori abis dan jawaban bisa subjektif, mampus lah gw mo ngisi apa ini, akhirnya ngarang indah gatau bener apa salah yg penting diisi dulu dah😛. Oiya ada 1 lagi soal cerita yang pembuktian kesalahan klaim jaksa penuntut dan pembela dengan conditional probability, aduh kok gw bingung ya untuk mengerti soalnya, lagi2 ngarang indah dalam menjawab tanpa langkah yang sistematik -_-‘. Yang lebih fail-nya, gw salah tempat duduk untuk beberapa menit pertama xD. Gw liat di pintu, gw no.5 eh taunya sebenernya ada tambahan 1 angka di depannya pake pulpen, jadi 45. Dengan pedenya gw langsung duduk di bangku no.5, tau2 pas gw lagi asik ngerjain nomer 1, tiba2 ditanya yg jaga pas ngabsen krn ada org yang telat trus ngadu ga dapet bangku (orang yg emg harusnya duduk di no.5 xD), dan akhirnya ketauan kalo gw salah bangku, malu jadinya😛. Seteleah 3 jam nunduk yg bikin pegel leher, akhirnya kelar juga. 

Tekmob (Teknologi Mobile)

UAS hari ke-3. Alhamdulillah karena gw udah nyicil bikin notes buat UAS pas lagi kuliah (sekalian nyatet apa yg diomongin bapaknya), jadi tangan gw gak se-keriting waktu UTS, tapi tetep keriting juga sih karena gak mungkin semua slide bisa gw catet waktu kuliah, banyak yg miss juga. Ini kuliah yang notesnya unlimited, tapi harus tulis tangan, yaaa intinya semua soal pasti ada jawabannya di slide, jadi rajin2 nyatet aja sih, gw ampe bikin notes 15 halaman lhooo, trus karena capek jadi ketiduran deh malem sblm ujiannya padahal niatnya begadang nyelesein notes . Eh tapi ada juga lho yg ga bikin notes sama sekali (worship), kayaknya notesnya udah nempel di otak, jadi ga butuh media penyimpanan fisik lagi😆. Ada satu soal terakhir yang gw bingung maksutnya, jadi gw bingung juga jawabnya gimana, jawabannya sih pasti ada di notes gw, tapi gw gak tau harus jawab yg mana krn bingung ama pertanyaannya.

PI (Penulisan Ilmiah)

Kuliah Ini gak ada UAS, tapi tugas akhirnya bikin proposal penelitian. Wiih bikin “research proposal”, kayaknya keren gitu namanya . Kelompok gw (bareng Tiara, Aruni, Ipeh) bikinnya tentang Spam Filtering, azeek😛. Karena materinya nyambung ke SC, jadi bisa nanya2 alias konsultasi ke dosen SC deh😀. Waktu hari Sabtu sebelom UAS udah bagi2 jobdesc, tapi ternyata pas hari H-1 ngumpulin, ternyata belom ada yang handle untuk bikin bab analisis hasil penelitian, nah loh?! -.-. Abis maghrib di kampus kita ngomongin keseluruhan proposal + konsep buat posternya, untunglah percetakan banyak yg buka 24 jam, jadi tengah malempun masih bisa, hehe (bisa nitip maksutnya). Kepala gw udah agak pusing sebenernya sejak asistensi prolog sorenya. Akhirnya jam 21.30an kita pulang, trus ngerjain bagian2 yang belom. Sampe kosan gw mandi + solat, trus langsung ngerjain lagi walaupun kepala udah agak berat. Baru buka laptop dan nulis beberapa kalimat di bab analisis, tiba2 perasaan ingin muntah muncul, ngeee knapa neh, yaudah akhirnya ke toilet dan muntah beneran. Udah agak legaan tapi kepala masih ga enak, gw lanjutin aja, eh ternyata begitu lagi ampe 3x mondar mandir ke toilet😥. Dan akhirnya gw bisa nyelesein 1 halaman analisis, walaupun gak konsen bikinnya, takut ada typo atau salah nulis. Lalu gw serahkan pada Aruni dan Tiara buat finishing krn kepala gw udah ga kuat lagi untuk stand-by menatap komputer, trus gw tidur deh. Besok paginya jadi agak hectic buat persiapan presentasi poster + ngumpulin proposalnya. Tapi alhamdulillah berjalan lancar. Thx specially for Tiara yg udah bela2in gak tidur semaleman demi “ngompile” proposal dan bikin poster, kereeen😀

Prolog (Pemrograman Logika)

UAS hari ke-empat alias terakhir. Karena malemnya gw sakit dan ngerjain PI yang 2 SKS, gw jadi merasa agak mengorbankan Prolog yang 4 SKS dengan baru belajar di hari-H. Untung UAS-nya sore >,<. Tiba2 gw teringat kasus UAS Basdat2 gw semester kemaren yg kayak gini juga. Malem sebelomnya gw ga enak badan, pulang malem keujanan karena abis ngerjain persiapan monev PKM-T. Dan akhirnya gw nangis2 abis UAS itu gara2 gak bisa maksimal karena emang kurang belajar. Dan ternyata hasilnya beneran parah, UAS Basdat2 gw nilainya jauh dibawah threshold, worst ever selama kuliah. Yang gw takutkan ini bakal terulang di Prolog ini. Di awal perkuliahan gw sempet siok juga sih presentase penilaianya. Bayangkan UTS 40%, UAS 45%, Kuis 15%. Haaaaaaaaah? -____-. Ini mana tugasnya deh ko ga ada? Ternyata tugas/tutorial itu tetep ada tapi gak ada nilainya, huhuu.. jahat. Istilahnya gak wajib ngerjain. Karena gak diwajibin inilah yang kadang bikin Prolog jadi ada di priority terakhir gw. Padahal sebenernya kuliahnya asik dan dosennya juga enak ngajarnya. Setelah presentasi PI, gw baru belajar Prolog bareng Ridho, Aruni, Abie, Akit di ruang bem. Thx buat Ridho yg super pinter dan sabar ngajarin gw yg lemot >,<. Sorepun datang, UAS pun dimulai. Kyaaaaa ini yg susah poinnya gede bangeeet😦, sampe batas waktu berakhir gw belom selesai semuanya. Aaaargh fail banget lah ini, gw yakin banget nilai UAS ini ga akan melebihi standar threshold . Akhirnya nangis2 lagi deh abis UAS ini di ruang bem gara2 seminggu ini ngerasa banyak yang FAIL! Untung ada ipeh yg nenangin, ni anak tahan banting banget deh bisa sabar, dari pernah ujian sehari 3 biji, nyodok mulu, PP naek kreta, dan udah kerja ngeproyek, subhanallah sekali dibandingin gw yg normal-normal ini. Thx juga buat Mega ama Nila yang udah ngajak melabil melepas stres setelah Prolog, tapi gw udah keburu pulang ke kosan xD, lagian kasian juga masih ada yg belom selese UAS kayak Yamin, dll😀.

S**tprog (System Programming)

Kalo yg ini kuliah paling gak banget deh buat gw, udah illfeel duluan dari awal karena seseorang . Kuliahnya juga aneh 3 sks tapi tiap minggu 200 menit, sistem penilaiannya juga super aneh ga jelas. Trus ini juga ga ada UAS, adanya proyek. Deadlinenya masih tanggal 3 Januari sih, tapi anggap saja sudah selesai *saking hopelessnya*.

Huaaa yasudahlah sedih2nya udahan yaa.. Tahun baru harus semangat baru.. 

Bergegaslah kawaaan.. Tuk sambut masa depaaaan… 🙂

*Terimakasih untuk semua teman2 yang telah disebut di atas ataupun yg belum disebut, yeaaah kita telah berjuang bersama dan saling men-support satu sama lain. We’ve done our best. Hasilnya kita serahkan pada Yang Maha Kuasa😉

7 thoughts on “Not A,B,C,D,E, But F (FAIL) -_-a

  1. pertamax kah?😄

    semoga nilainya tetap memuaskan ya ade,
    dan lebih penting lagi semoga ilmunya bisa bermanfaat🙂
    kalo membaca ulasan uas lo kayanya gue lebih fail (emang pernah
    enggak ya? XD), tapi ya sudah siapalah gue ini *LOL*.

    tetap semangat ya, masih ada sistprog🙂

  2. @Abie :
    iye pertamax xD.
    amiien bie. sebenernya gw takut mengecewakan enyak babe kalo FAIL gini T.T
    “dan lebih penting lagi semoga ilmunya bisa bermanfaat” likes this bgt😀.
    iya nih, ayo smangat ngoding “Huffman Goes To Kernel”.. ~gw tinggal bantu doa aja dah, wakakaka😆

    @Lukmin :
    eh ada dewa lukmin, hehe..
    amiin aja deh min😛
    smoga kita semua sukses ^^

  3. wooh, gw juga lagi mau bikin postingan begini di blog, nanti mampir yaa (y)

    ngehehe, semester ini emang bikin mabok, jari gw sampe diplester berkat notes tekmob (y) pas mau bikin mindmap msdm n manpro, tangan gw udah kaku😄

    ah adechi mah anak pintar,hoho walopun bobot UAS biasanya paling gede, percayalah proses selama 1 semester juga ‘ada yang liat’ kok, kan usahanya udah, jadi tawakkalkan saja🙂

    moga semester ini berakhir baguus semuanyaa🙂

  4. @Gayuh :
    hahahaa oke insyaAllah mampir gay😀
    hoiyaa makasiih juga ya gay wkt itu ud belajar bareng buat kuis RPL😛

    @Fajri :
    hahaa kirain postingan yg itu gara2 lw lagi jatoh cinta jri, wakakaa😆

    @Mas Ikhsan :
    terimakasiih.. salam kenal ya..🙂
    hoo itu sih cuma “insert gambar” aja yg tipe-nya .gif waktu lagi mau posting, silakan dicoba😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s