Mapres v.s. Mabil Fasilkom 2011

Teringat percakapan gw sama Yamin kurang lebih setaun yang lalu, “Eh kita udah 2x nonton mapres (nonton kak Ilman dan kak Jay) di balairung kayaknya dengan cara illegal mulu dah, kaga diundang tapi ikutan nonton dan makan gratis, pokoknya taun depan kita harus masuk secara legal nih pake surat undangan, jadi mapresnya atau seenggaknya perwakilan organisasi gitu kek, hahaha..”😀.

Yak, MAPRES (Mahasiswa dePRESi – ini julukan buat gw xD) (MAhasiswa berPREStasi) adalah kompetisi yang diadakan untuk mengukur seberapa berprestasi seorang mahasiswa dibanding mahasiswa2 lainnya. Apa yang ada di mindset gw sebelumnya kalo berprestasi adalah eksis di organisasi, berprestasi di akademik, sering menang lomba, jago public speaking dan bahasa asing, dan lain semacamnya. Tapi kini setelah ngikutin briefing UILDP (UI Leadership Development Program), mindset gw menjadi agak bergeser. Berprestasi bukanlah seberapa besar lo mendapatkan sesuatu, tapi seberapa besar lo bisa berkontribusi / memberikan sesuatu untuk ummat🙂.

Kalo gak diceramahin abis2an ama kak Jay dan kak Big, mungkin gw gak akan pernah terbesit untuk ikut pemilihan Mapres Fasilkom 2011 ini. Kalo dibandingin ama mereka, prestasi gw apa sih, dan pasti banyak lah anak2 Fasilkom yang jauuuuuuuuuh lebih berprestasi daripada gw, yaudah setidaknya gw ikut berpartisipasi dan meramaikan saja deh, lumayan nambah pengalaman😛. Seminggu menjelang deadline pertama Jumat tanggal 18 Maret (CV dan karya tulis) gw pun bimbang, tugas lagi numpuk, semuanya lagi minta perhatian, mana sempet gw bikin karya tulis, cuy. Tugas 2 Anum, Tugas Minggu 5 LAW, Dokumen SRS PPL, Kuis CIS, dan WS 6 NLP semua dalam minggu itu. Fiuuuh… Gak salah emang katanya dari taun ke taun, semester 6 emang semester paling gila! Namun, ternyata beberapa hari sebelum deadline tiba2 ada pengumuman kalo deadline-nya diundur jadi 21 April, Alhamdulillah masih ada harapan lah weekend kalo ngebut. Berdasarkan kata kak Big dan kak Ilman, mereka bikin karya tulisnya 3 hari, mau gak mau gw percaya ama mereka walaupun gw sadar diri kalo mereka ama gw beda kecepatan mikir dan kemampuan nulisnya itu jomplang -.-“. Ya, gak ada salahnya lah ya dicoba🙂.

Oke, perjuangan pertama dimulai, tanggal 18-19 ngebut to the max nulis CV. Lumayan makan waktu juga ini nginget2 dan ngumpulin apa aja yang pernah gw lakuin selama jadi mahasiswa. Tanggal 19 (Sabtu) gw udah nyicil pendahuluan karya tulis, tapi malemnya gw ada acara di Kementrian Pertanian, What an unforgettable moment! :”>. Huss, back to topic xD, gw dijemput di kosan trus selama perjalanan ke sana ngomongin hal yang ilmiah banget, yaitu konsep buat karya tulis gw, hahaha… Serius deh, kayaknya baru kali ini ngomongin hal se-serius itu bareng orangtua juga, sebelomnya mana pernah xD. Hari Minggu gw ngebut ngelarin karya tulis. Hari Senin pun datang dan gw mulai panik karena belom kelar, waduh gimana inih?? Tapi gw tetep ngerjain semaksimal mungkin sambil menunggu adanya kejaiban (kejaiban otak dan tangan gw bisa bekerja lebih cepat atau kejaiban deadlinenya diundur xD). Ternyata pagi2 ada kabar kalo deadline karya tulisnya diundur lagi jadi tanggal 28 April, ya Allah Alhamdulillah Engkau berikan keajaiban pilihan ke-2, lumayan lah ditunda seminggu xD. Tapi deadline CV nya tetep hari itu jam 5 sore, yaudah karya tulis langsung gw tinggalin dan segera merapikan CV😀.

Berlanjut ke perjuangan ke-2. Hey, you know what?? Tanggal 28 (Senin) itu selain tanggal deadline pengumpulan karya tulis, itu juga tanggal hari pertama UTS gw -_______-, yaitu UTS NLP. Alhamdulillah malem sebelumnya udah dapet feedback dari kak Big buat revisi isinya. Kalo boleh jujur, hari itu gw sebel banget sama Rido (peserta mapres juga) *sori ya do gw ceritain xD. Gimana gak kesel, pagi2 pas deadline gw masih kelabakan finishing karya tulis, dan gw belom selesai belajar NLP, gw mo buru2 ngelarin karya tulis gw supaya abis itu bisa fokus belajar NLP karena kelemahan gw adalah ga bisa parallel processing. Nah ini, dia malah nitip ngeprin karya tulis dia, rangkap 3 pula. Gw mikir2 juga kan kalo gw nungguin ngeprin dan ngejilid punya gw + punya dia di potokopian bakal wasting time banget, ngapain sih ni anak pake nitip gw segala padahal dia lagi kaga ada UTS hari itu, grrrrhh.. X(. Sabar de, sabar de, kalo nolong orang harus ikhlas, kalo engga ntar pahalanya ilang >,<. Mengingat2 kebaikan orang ini yang suka ngebantuin gw juga, mungkin emang ini saatnya gw untuk membalas budi xD. Yak, being deadliner emang ada konsekuensinya. Gw jadi gak sempet meng-cover semua materi buat UTS NLP, masih ada bbrp yang gw gak ngerti, dan parahnya yang gw gak ngerti itu malah keluar di ujian dengan poin 35%. Mampyuuuss gueeee ~.~. Terpaksa menerapkan metode “Learning by Doing” alias belajarnya sambil ngerjain ujian, metode yang bodoh, tapi berdasarkan pengalaman orang it works, tapi GAK SAMA SEKALI buat gw. Ya Allah, salahkah saya karena mengutamakan karya tulis dibanding belajar buat UTS NLP?😦

Well, hingga tahap itu didapatkan 18 orang yang masih bertahan. Sebelumnya tuh udah banyak yang ngumpulin CV terutama anak2 2008 yang seangkatan gw, tapi karena satu dan lain hal mereka mengundurkan diri, huhuu..😥 padahal gw berharap 2008 jauh lebih banyak yg ikut daripada 2007, syukur2 kalo mapres utamanya anak 2008 *teteeeep cinta angkatan donk😛

  1. Ade Kurniawati (2008) -> mabil (mahasiswa labil) yang suka galau
  2. Ahmad M. Yunus (2008) -> kadep PSDM FUKI
  3. Ahmad Murtadho (2007) -> abang Jakarta yang prestasinya udah internasional, jago bahasa Inggris
  4. Ainul M. Jula (2007) -> pernah exchange ke Korea
  5. Akhmad Rahadian Hutomo (2008) -> leader yg oke, pinter dan cerdas, mantep bet deh kalo lagi ngmg di depan umum
  6. Alfira Fitrananda (2008) -> public speaker dan wirausahawan yg keren banget
  7. Bukhori M. Aqid (2008) -> kadep Kastrat BEM
  8. Eka Zahnia P. (2008) -> kaput FUKI
  9. Lasguido (2008) -> dewa kodingan yang sering menang lomba programming
  10. M. Fajar (2007) -> ketua DPM
  11. Meganingrum Arista J. (2008) -> kadep P&K BEM
  12. Miftahul Husni (2008) -> korwat Syiar FUKI, anak PPSDMS yang pasti banyak pengalamannya
  13. Nugroho Dwi Saputra (2007) -> ketua BEM, mentor gw jaman Maba
  14. Radityo Eko P. (2008) -> ketua DPM, kadep Syiar FUKI
  15. Topan Bayu Kusuma (2007) -> ketua FUKI, ketua SALAM
  16. Yasmin Khairina (2008) -> Kabir Kestari BEM, Treasurer BEM
  17. Faris Al Afif (2007) -> ketua TRUI, pernah exchange ke NTU Singapore, idola gw dari jaman Maba
  18. Ryzky Yudha (2007) -> kadep Adkesma BEM, pernah exchange ke Jepang

Mapres Fasilkom 2011 bersama Dosen

Perjuangan selanjutnya adalah pengumpulan berkas bukti CV yang dikumpulin Jumat tanggal 1 April jam 12 siang. Padahal jam 1 siangnya masih ada UTS CIS >,<. Heffft ini juga cukup melelahkan, mulai dari muter2 di kampus sendiri (gedung A, gedung B, gedung C), trus ke fakultas2 laen, pulang ke rumah, pokoknya demi dapetin sertifikat dan surat keterangan yang akhirnya dikumpulin menjadi segepok dokumen yang tebelnya lumayan buat ngeganjel pintu, wakakaa…  xD. Niat abiiiisss.. Yak, emang niat abis. Prinsip gw, pokoknya setiap yang gw lakuin emang harus totalitas dan niat 100%. Soalnya kalo setengah2, kayaknya gimana gitu, pasti semangatnya kurang dan mendingan ga usah aja sekalian -,-.

Oke, abis itu agendanya adalah Psikotest dan Test Bahasa Inggris Jumat tanggal 8 April. Terpaksa untuk pertama kalinya dalam Semester 6 ini gw bolos kuliah deh😦. Malem sebelumnya gw ngebut bikin ringkasan karya tulis dalam Bahasa Inggris. Psikotestnya sih kayak biasa, tertulis, bikin essay, menggambar, dan diskusi. Terus, siangnya dilanjutkan dengan Test Bahasa Inggris. Jadi beberapa saat sebelumnya kita udah dikasih tema buat diomongin pas maju nanti. Ya Allah Alhamdulillah deh masih dikasih waktu buat persiapan mau ngomong apa. Soalnya kalo beneran impromptu, gak kebayang deh gw bakal gimana, bisa2 speechless di depan umum ~.~. Untuk test yang ini, gw ngerasa FAIL gitu deh, persiapannya kurang. Kayaknya terakhir kali gw latihan ngomong bahasa Inggris yang resmi itu buat persiapan wawancara beasiswa Accenture (AHPS) deh Juli 2010, itu aja gw perlu berjam2 nyerocos tengah malem demi memperlancar omongan gw. Nah ini, bisa dibilang bersihnya cuma 1 jam untuk nyari bahan, nyiapin omongan dan latihan T.T. Pas presentasi, gw juga ngerasa kebanyakan baca daripada ngomong. Trus ngejawab pertanyaannya juga kurang maksimal. Haaaaah, FAIL banget lah pokoknya, masa udah les Bahasa Inggris 6 tahun cuma bisa ngasih presentasi kayak gitu, malu gw😦.

Yak, akhirnya sampai juga di perjuangan terakhir, yaitu presentasi makalah / karya tulis hari Senin, 11 April. Entah kutukan atau apa, gw dapet giliran pertamax. Hiyaaaaaaaaaah -_________-. Tiba2 teringat setahun yang lalu waktu gw nonton presentasi makalah Mapres Fasilkom 2010 juga yg giliran pertama doank, itupun gw sempet2in di saat ada deadline Tugas Jarkom >,<. Dan sekarang gw yang dapet giliran pertamax. Dag dig dug dueeeerrr dah rasanya masyaAllah. Tapi dipikir2 enak juga sih, kita gak harus ngeliat presentasi orang2 yang lebih keren dan bikin kita jiper/down. Gak perlu ikut2 gaya orang. Be yourself!😀. Gila ya, gw nekat banget, belom nyiapin presentasi tapi berani ikut penutupan panitia Compfest 2010 di Pulau Tidung hari Sabtu-Minggu xD. Balik2 hari Minggu, siang ampe Depok, trus nyiapin presentasi dan minta latihan ama kak Jay dan kak Big. Pertama kalinya bikin presentasi pake Prezi biar gaya dikit, wakakaak padahal newbie :P. Pas presentasi Alhamdulillah presentasinya ontime dan berjalan sesuai rencana. Begitu sesi Tanya jawab??? Nah loh… Pertanyaan Pak Yugo dan Pak Didit gw jawab sebisa gw dan Alhamdulillah gak terlalu killing. Begitu gilirannya Bu Kasiyah, gw langsung dikritik abis2an, dalem hati langsung ngedrop banget serasa mau bungee jumping ga pake tali T.T. Sepertinya gw gak terbiasa dikritik di depan umum, jadi sekalinya digituin langsung gimanaaaa gitu rasanya. Dan itu langsung membuat gw gak masksimal ngejawab pertanyaannya, huhuu..😥.

Huaaaaaaaaaah, legaaaaaaaaaa…. Semuanya udah lewat. Mari kembali ke urusan akademis yang mesti dibenahi alias udah ancur2an. Prosesi atau Ritual Mapres ini cukup menjadi salah satu pengalaman yang udah dilakukan dengan TOTALITAS, whatever the result. Kalo boleh curhat, cerita akademis gw di semester ini udah kebanyakan FAIL nya, dari tugas ga kelar, ga maksimal, padahal udah pake pulang malem mulu dari kampus, begadang2 mulu juga, UTS juga begitu, apalagi UTS LAW yang bikin nangis2 gak karuan. Yeaah, semua gak sesuai harapan. Dipikir2, sepertinya kalimat dari salah satu temen gw berikut ini benar: “Kalo kita ingin meraih sesuatu, mesti ada sesuatu lain yang dikorbankan”😦. Seorang Ade Kurniawati yang biasa PERFEKSIONIS, yang kalo ngerjain tugas harus “kelar” selama masih ada waktu, yang kalo ujian biasanya keluar paling terakhir, kini merasa kehilangan ke-perfeksionis-an dirinya😥

Pengumuman Mapres bakal diumumin pas CGT. Dan semua peserta diminta untuk dateng. Walaupun gak diminta gw juga bakal dateng kok, hehehe CGT geetoooh acara tahunannya Fasilkom. Saatnya untuk refreshing dan sedikit “menggila” alias jingkrak2an di depan panggung *padahal ga segitunya jingkrak2an juga sih xD. Malemnya barulah pengumuman Mapres, honestly gw mendukung angkatan gw sendiri lah yaa, terutama Ian, hehe.. Ini anak dari jaman Team Building PPKB kelas X emang udah keliatan banget dah pinternya dan jiwa leadernya, haha.. ULTRA atau KANGKUNG yang jadi Mapres Utamanya, smoga bisa membawa nama baik Fasilkom di tingkat UI dan Nasional, amiiin.. Saat pengumuman tiba, gw gak ada perasaan deg-degan sama sekali karena emg yakin ga bakal dipanggil. Secara yaaaa peserta2 lain pasti lebih pantas dibanding gw. Okee saatnya pengumuman, jeng jeeeng… Dipanggillah Miftahul Husni 2008 (Juara Harapan 3), Alfira Fitrananda 2008 (Juara Harapan 2), Ahmad Murtadho 2007 (Juara Harapan 1). Eeeeh tiba2 abis itu nama gw dipanggil sebagai Juara 3, ya Allah anyone tabok gw pliiisss, ini lagi mimpi apa engga >,<. Entah mau nangis entah apa gw langsung meluk temen gw yang waktu itu posisinya terdekat dari gw (untung cewek xD), yaitu Tiara. Ya Allah gw gak nyangka banget, dan akhirnya gw maju ke panggung. Setelah itu dipanggillah Akhmad Rahadian Hutomo 2008 (Juara 2) dan Faris Al Afif 2007 (Juara 1).

Pengumuman Mapres Fasilkom 2011 saat CGT

Yak gw hanya bisa bersyukur, akhirnya TOTALITAS ini yang sudah banyak mengorbankan hal lain berbuah hasil juga, walaupun sebenernya gw gak mengharapkan yang muluk2. Terimakasih buat keluarga gw yang slalu mendukung, kak Big dan kak Jay yang udah bawel tapi baik, adek2 gw di pengajian Mumi4 terutama Defri, Fahmi, dan Hendi yang slalu mengingatkan gw dengan motto gw yaitu“Intansurulloha Yansurkum”, yang artinya kira2 “Barang siapa yang menolong agama Allah, niscaya Allah akan menolongnya”, juga semua teman2 dan dosen2 yang telah menyemangati dan membantu. Ini beban baru, amanah baru. UILDP (UI-Leadership Development Program) yang sebelumnya gak pernah kepikiran untuk ikut kini muncul di depan mata, yeaah sarana buat perbaikan diri, pengembangan diri, dan berkontribusi untuk ummat. Tadinya yang ikut UILDP dari Fasilkom ada gw, Ian, dan kak Faris. Tapi karena satu dan lain hal, jadinya yang ikut gw, Mega, Miftah. Okeee, sampai sini dulu, tunggu cerita selanjutnya yaaa…😉 *halah kayak ada yang menanti postingan blog gw aja xD

Pejuang UILDP Tim Fasilkom (versi resmi :P)

Pejuang UILDP Tim Fasilkom (versi resmi :P)

Pejuang UILDP Tim Fasilkom (dari gayanya keliatan siapa yang paling labil xD)

9 thoughts on “Mapres v.s. Mabil Fasilkom 2011

  1. Lapor Ade! Mega hadir di sini! (halah,XD)
    Wow, nyadar ato nggak, ade udah ngasih banyak inspirasi buat temen-temen lain yang ada di sekitar ade.🙂 Rajin, detail, rapi, dan selalu penuh semangat itulah Ade. Seneng banget bisa jadi temen ade..hehe🙂

    “Berprestasi bukanlah seberapa besar lo mendapatkan sesuatu, tapi seberapa besar lo bisa berkontribusi / memberikan sesuatu untuk ummat .”

    That’s right! mari berkontribusi!
    Ditunggu cerita2 dari K2N ya adechii…
    tetap SEMANGAT!!!😀

    ~btw, gw seneng banget poto gw nampang di blog orang… #terharu #lebay #penting😄
    maaci ya adechiii… :3

  2. wa……… merinding gw bacanya de
    he… lagi jalan buat ngumpulin blog teman-teman ultra sebenarnya tapi pas liat blognya, g sengaja liat tulisan paling ekstrim , keren.
    hampir lupa izin kopi link blognya ya gan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s