Ngebolang ke Korea (4 Days Itinerary – Seoul, South Korea)

Annyeong Haseyoo..😀

Halo semuanyaa.. Udah lama banget ya gw ga update blog ini haha.. Okey, di postingan kali ini gw mau sharing itinerary dan pengalaman backpacking alias ngebolang dengan budget travel ke Seoul-Korea Selatan saat musim semi (Spring). Menurut gw Spring itu musim yang paling tepat buat jalan2 di negara yang punya 4 musim (Spring, Summer, Autumn, Winter) soalnya udaranya sejuk dan biasanya banyak bunga-bunga canteeek lagi mekar yeyeyeeeiy❤ *pecinta bunga*. Teman2 yang mau ke sana sebaiknya cek dulu ya di sana lagi musim apa dan suhunya berapa derajat biar ga salah bawa kostum hehe.. Kita stay di sana selama 4 hari 4 malam (30 April – 4 Mei 2014). Oiya untuk mempermudah selama jalan-jalan di sana biar ga nyasar kayak bocah ilang, sebaiknya sebelum berangkat download dulu aplikasi Seoul Subway (informasi line subway, rute, harga, dan lama perjalanan) dan MapsWithMe (offline map yang tinggal nyalain GPS untuk navigasi jadi ga perlu konek internet selama jalan2 di sana).

Pada travel kali ini gw bareng temen2 sekantor yaitu Ayu dan Desi naik pesawat Garuda Indonesia (GA)😛 *sangat recommended* hahaha.. Gw berangkat dari Jakarta dengan rute direct Cengkareng-Incheon (GA 878) jam 23.15 WIB, kalo Ayu dan Desi berangkat dengan rute Denpasar-Incheon (GA 870) jam 00.15 WITA, kita berangkatnya sama2 tengah malem dengan lama perjalanan kurang lebih 7 jam dan sampai di Seoul Incheon Airport sekitar jam 08.30 waktu Seoul.

Somewhere between Jakarta and Seoul

Alhamdulillah telah diberi kesempatan untuk menginjakkan kaki di belahan bumi Allah yang lain. Setelah turun dari pesawat di Incheon Airport, ternyata kita masih mesti jalan lumayan jauh untuk naik Shuttle Train dari Concourse ke Passenger Terminal, abis itu baru masuk ke bagian Immigration dan ambil bagasi. Selanjutnya kita beli T-Money (semacam kartu deposit untuk mempermudah pembayaran tiket subway dan bus selama di Seoul) di 7-Eleven dan sekalian isi ulang deposit kartunya. Di sekitar situ juga ada Tourist Information jadi kita bisa ambil brosur/peta untuk keperluan jalan-jalan. Di Seoul kita nginep di Beewon Guest House yang letaknya di antara stasiun Jongno 3(sam)-ga dan Anguk. Waktu searching2 buat booking sih kita milih di situ karena penampakan kamarnya sederhana tapi lumayan nyaman, ada dapur jadi bisa masak sendiri, lokasinya lumayan deket ke mana2, dan harganya cukup reasonable. Terus kita beli tiket kereta AREX untuk ke Seoul Station. Sebenernya sih ada alternatif lain yaitu naik bis Limousine atau kereta Express gitu tapi lebih mahal, nah karena kita budgetnya limited jadi terpaksa ngirit dah naik AREX hahaa.. x’D. Sampai di Seoul Station, kita transit untuk naik subway dari Seoul station menuju stasiun Jongno 3(sam)-ga (line 1). Ini ternyata pas transit di Seoul Station dan waktu mau keluar dari stasiun Jongno 3(sam)-ga eskalatornya ga selalu ada, jadi kita mesti rempong ngangkat2 tas dan bagasi menaiki tangga *hosh.. hosh.. hosh..* hikss cape bingiiit.. >,< Keluar dari situ kita tinggal jalan lurus ke tempat nginep, yeeiiy Alhamdulillah akhirnya sampai juga di Beewon Guest House, terus kita ditunjukin kamar, kamar mandi, dapur, ruang ngenet, tempat laundry, dll. Abis patungan bayar buat penginapan 4 hari kita leyeh2 istirahat di kamar dan gantian mandi. Setelah itu Let’s Go Out and Start Exploring Seoul.. \(^,^)/

Just Arrived in Seoul

Day 1 (30 April 2014):

– Gyeongbokgung Palace

– The National Folk Museum of Korea

– Bukchon Hanok Village

– Insadong Market

Hari pertama kita mulai dengan mengunjungi palace paling besar di Seoul yaitu Gyeongbokgung Palace yang dulunya pernah hancur terkena invasi Jepang dan akhirnya dibangun kembali. Pokoknya hari pertama yang deket2 aja biar bisa jalan dan ngirit ga usah naik subway muahahaa..😛. Hoki banget pas kita dateng di sana lagi pas jamnya upacara Gate Guard Changing Ceremony, waah keren deh tradisinya. Terus tiket masuknya juga lagi pas gratis dari tanggal 30 April – 11 Mei 2014. Aaaaak Alhamdulillah ya Allah, Engkau Maha Tahu ya kita kita lagi ngirit :’D.  Terus kita boleh nyobain kostum Gate Guard gratis juga hehe.. Oiya sebenarnya ada Integrated Ticket of Palaces juga yang murah (10.000 won) kalau emang mau ngunjungin semua palace nya (Gyeongbokgung, Deoksugung, Changdeokgung+Secret Garden, Changgyeonggung, Jongmyo Shrine), ini bisa dipakai sampai 1 bulan setelah pembelian. Fyi, ini jadwal tutupnya palace:

• Closed on Monday: Changdeokgung Palace, Deoksugung Palace, Changgyeonggung Palace
  • Closed on Tuesday: Gyeongbokgung Palace, Jongmyo Shrine
Gyeongbokgung Palace

Di deket komplek Gyeongbokgung ada The National Folk Museum of Korea, kita tinggal ikutin papan ijo penunjuk jalan aja. Di museum ini banyak artefak sejarah yang dipakai di kehidupan sehari-hari orang Korea.

The National Folk Museum of Korea

Selanjutnya kita ke Bukchon Hanok Village, ini merupakan komplek perumahan yang terdiri dari ratusan rumah tradisional Korea yang disebut Hanok. Rumah2 ini masih ditempatin sama orang  jadi kita cuma bisa liat2 dari luar aja. Jalan menuju ke sana lumayan jauh sih menurut gw, kayak mendaki bukit, dan lumayan bikin gempor, huaaa😥

Bukchon Hanok Village

Karena udah kecapean, jadi kita balik ke guest house istirahat sebentar dan masak mie hehe.. Trus makan bareng dan ngobrol2 sama staff guest house nya. Trus dia kita tawarin boncabe, kita udah bilang “Be careful, it’s very spicy.” Eh dia tetep nekat dan akhirnya mukanya udah kepedesan gitu wakakak tapi dia nagih dan minta boncabenya lagi xD. Abis makan udah jam 8an malem galau juga mau ke mana, kayaknya kalau mau ke Insadong Market udah banyak yang tutup, tapi daripada di guest house doang ya mendingan ke luar lah ya, akhirnya kita jadi jalan ke Insadong Market dan beli beberapa oleh2 di sana tapi gak banyak karena emang udah banyak toko yang tutup. Karena ini pasar pertama yang kita datengin jadi kita belum bisa bilang di sini murah atau mahal, tapi kalau dari kira2 kayaknya sih tergolong murah lah.🙂

Day 2 (1 May 2014):

– Nami Island

– Petite France

– Namsan Tower (N Seoul Tower)

Nah hari ke-2 itu pas libur tanggal merah International Labor Day. Udah ngeri aja bakalan rame ke tempat2 wisata. Abis sarapan bikin bubur instan + makan roti yang disediain di guest house + nyiapin bekel buat makan siang, kita berangkat menuju Nami Island, itu lho tempat syutingnya film Winter Sonata yang pohonnya tinggi2 hihii.. Ini lumayan jauh tempatnya, kita naik subway dari stasiun Jongno 3(sam)-ga (line 1) dengan transit di stasiun Cheongnyangni dan transit lagi di stasiun Sangbong, baru deh melewati 14 stasiun lagi untuk sampai di tujuan akhir yaitu stasiun Gapyeong. Untuk ke pelabuhan Gapyeong Wharf sebenernya bisa naik bis Gapyeong Tour (beli tiket di suprinya langsung) tapi karena datangnya 1 jam sekali dan masih lama akhirnya kita naik taksi, terus kita beli tiket Naminara Republic Entry Visa (udah termasuk PP naik ferry). Terus kita mulai ngantri deh untuk naik ferry menuju Nami Island. Waaah ferry nya lucu ada bendera2 negara lain gitu. Lalu kita mengeksplor Nami Island sekitar 2 jam sampai nemu tugunya Winter Sonata hahaha.. Abis itu balik ke tempat naik ferry untuk kembali ke Gapyeong Wharf.

Nami Island

Dari Gapyeong Wharf kita nunggu bis Gapyeong Tour untuk ke Petite France, pas mau naik ke bis kita disuruh nunggu dulu karena mereka ngutamain yang udah punya tiket, duh gimance dong kalo udah penuh nunggunya bisa sejam lagi. Ternyata akhirnya kita bisa masuk juga tapi berdiri, kita gak ngerti juga seharusya kita bayar tiket bus masing2 5.000 won tapi jadinya 5.000 won ber3 mungkin karena berdiri jadi didiskon kali yah. Perjalanan ke Petite France sekitar 30 menit dan jalannya agak menanjak. Di Petite France cuma punya waktu sekitar 1,5 jam karena mengejar bus terakhir ke stasiun Gapyeong. Di sini bangunannya unik warna warni, banyak bunga, spot2 lucu dan backdrop gede yang bikin kita seakan2 berada di Perancis hehe..

Petite France

Selanjutnya kita mau ke Namsan Tower (N Seoul Tower). Dari stasiun Gapyeong balik ke line 1 transit di stasiun Dongdaemun ke line 4 menuju stasiun Chungmuro. Di stasiun kita sempet jajan sate kepiting juga gara2 kelaperan haha.. Keluar dari stasiun Chungmuro kita nunggu di halte untuk naik bus Namsan Tour no.2 (bisa pake T-Money). Sesampainya di Namsan kita foto2 dulu di bawah biar bisa dapet foto yang keliatan Namsan Tower-nya sampai atas hehe.. Setelah itu kita harus mendaki buat sampai ke tower-nya. Begitu sampai di atas akhirnya kita memutuskan untuk muter2 disitu aja ga naik untuk Observatory (buat lihat Seoul malam hari dari atas tower) karena udah malem dan mau ngirit juga sih wkwkwk.. Tapi udah cukup puas kok ke toko Teddy Bear (bonekanya lucu2 kayak yang ada di film Princess Hours), hunting oleh2 di toko souvenirnya, dan liat2 pohon gembok cinta :3

Namsan Tower (N Seoul Tower)

Day 3 ( 2 May 2014):

– Changdeokgung Palace

– Deoksugung Palace

– Itaewon Mosque (Seoul Central Masjid)

– Itaewon Market

– Yeouido Park

– Banpo Bridge

Di hari ke-3 setelah sarapan kentang instan dan nyiapin roti buat bekel cemilan kita mulai dengan ke Changdeokgung Palace yang tempatnya deket banget sama guest house kita, jalan 2 menit udah sampe, karena pagi dan baru buka jadi masih sepi. Dari palace ini di dalemnya bisa juga ke Secret Garden (tentunya dengan biaya tambahan huehehe..) dan ternyata bisa nyambung juga di dalemnya ke Changgyeonggung Palace, tapi berhubung banyak tempat yang udah direncanain untuk dikunjungi hari ini jadi kita mesti pinter2 bagi waktu.

Changdeokgung Palace

Dari Changdeokgung kita ke stasiun Anguk (line 3) transit di stasiun Jongno 3(sam)-ga ke line 1 menuju stasiun City Hall. Jalan sedikit dari stasiun City Hall sudah sampai di Deoksugung Palace yang kebetulan lagi upacara pergantian Gate Guard juga. Di depan palace nya kita bisa nyobain Hanbok (baju tradisional Korea) secara gratis yeyeyeeii *seneng banget deh banyak yang gratis hahaha* Foto pakai Hanbok adalah foto terfavorit bagi gw selama jalan2 di Korea ini hihihi.. warnanya pink pula.. ^,^ Deoksugung ini termasuk yang agak modern bangunan2 di dalamnya. Ada kolam air mancur dan jam tradisional yang memanfaatkan bayangan matahari sebagai penunjuk jamnya *amazed karena gw baru liat jam macem ini pertama kalinya*. Trus tempat duduk2nya enak buat santai sambil makan eskrim karena pemandangannya bagus hehe..

Deoksugung Palace

Selanjutnya kita mau ke Itaewon, jadi dari stasiun City Hall (line 1) ke Seoul Station terus transit ke line 4 menuju stasiun Samgakji, lalu transit ke line 6 untuk ke stasiun Itaewon. Di Itaewon ini ada Itaewon Mosque (Seoul Central Masjid) yang di sekitarnya ada Halal Food Center. Karena udah kelaperan kita langsung lirik kanan-kiri kalo ada tempat makan halal yang menarik sambil jalan menuju Masjid. Waaah ternyata banyak orang Indo juga yang baru balik dari Sholat Jumat. Akhirnya kita nemu Murree Muslim Food (namanya murree tapi harganya gak murree bo’ hahaha..) Ya gapapa lah sekali2 nyicipin makanan korea Galbitang (iga sapi) sama Kimchi Bokkeumbap. Selanjutnya kita jalan ke Itaewon Mosque, Alhamdulillah nemu Masjid dan bisa Sholat Zuhur-Asar di sana. :’) Dari Masjid kita balik ke arah stasiun Itaewon dan hunting oleh2 di Itaewon Market. Eh tiba2 gerimis, duh gimana dong kalo ga bisa lanjut. Akhirnya lanjut hunting buat titipan2 kosmetik *tepok jidat*. Alhamdulillah gerimisnya ga lama jadi bisa lanjut perjalanannya.

Itaewon

Karena udah kangen bunga2, mari kita lanjutkan ke area taman yaitu Yeouido Park. Dari stasiun Itaewon (line 6) ke stasiun Gongdeok terus transit ke line 5 menuju stasiun Yeouido, dari situ tinggal jalan lurus ke Yeouido Park. Harapannya di sana banyak cherry blossom, tapi karena kita udah telat jadi maklum aja cherry blossom-nya udah pada rontok hikss.. Di sana ada lapangan buat main, kolam, taman2 kecil, dan play ground buat anak2. Pas kita sampai sana ternyata lagi ada syuting juga hohoo..

Yeouido Park

Tujuan terakhir di hari ini adalah Banpo Bridge. Dari stasiun Yeouido tinggal naik line 9 sampai ke Express Bus Terminal terus sambung taksi aja. Berdasarkan informasi setiap jam 20.00 dan 21.00 ada light show atau rainbow fountain show gitu. Kita sampai sana sebenernya jam 20.00 kurang dan udah ada beberapa orang dan couple di sana yang kayaknya nunggu show-nya juga. Kita tungguin kan tuh, eh kok sampe jam 20.00 dan 20.30 ga nongol2 juga sih. Duh mana dingin pula anginnya dan gw lagi ga pake coat. Rasanya pengen cepet2 ngibrit. Karena kecewa akhirnya kita punya sebutan khusus untuk Banpo Bridge yaitu “Bakpao Bridge” wakakak.. Setelah foto2 dan banyak orang yang akhirnya menyerah untuk menunggu udah pada mulai caw akhirnya kita caw juga dari situ. Nunggu bus kok ga ada yang lewat akhirnya nanya orang katanya jalan aja deket. Hmm tapi emang tadi pas berangkat naik taksi juga rasanya deket sih, jadi kita jalan aja sampe stasiun Express Bus Terminal terus pulang ke guest house. Sampe guest house udah laper lagi terus bikin mie+kornet dan susu coklat sebelum tidur.😀

Banpo Bridge

Day 4 (3 May 2014):

– Jongmyo Shrine

– Insadong Market

– Jogyesa Temple

– Cheonggyecheon Stream

– Dongdaemun Gate

– Myeongdong Market

Aaaaak udah hari terakhir aja😦. Abis sarapan roti dan bawa bekel cemilan roti, kita jalan ke Jongmyo Shrine yang tempatnya lumayan dekat dari guest house. Kuil ini merupakan tempat untuk melakukan persembahan/ritual pemujaan kepada mendiang raja dan ratu. Kuil ini terdaftar sebagai UNESCO World Cultural Heritage.

Jongmyo Shrine

Setelah dari Jongmyo Shrine kita belanja oleh2 makanan di supermarket deket guest house. Abis naro belanjaan kita mau ke Anguk Post Office buat ngirim postcard tapi sayang sekali hari Sabtu tutup hikss.. Selanjutnya kita jalan mampir lagi ke Insadong Market buat beli oleh2, wah siang rame juga ternyata di sana. Abis itu kita jalan menuju Jogyesa Temple. Waktu kita datang ke sana kebetulan lagi banyak hiasan lampion2 (25 April-11 Mei 2014) dalam rangka peringatan ulang tahun Buddha *lagi2 kita merasa hoki banget dateng ke Seoul pas tanggal segitu*. 1 lampion biasanya digantungin 1 kertas berisi doa dan harapan. Ini keren banget lampion2 yang menggantung di atap itu kalo dilihat dari atas ternyata membentuk tulisan. Di sini ada ruangan untuk sembahyang mereka, di dalamnya ada 3 patung Buddha tapi kita ga boleh poto2 di dalemnya, jadi poto dari luar aja. Di dekat Jogyesa Temple ada tenda putih yang digantungin lampion juga dan banyak lampion besar dengan berbagai bentuk. Yang paling besar ada di tengah itu lampion lotus (teratai). Dan ternyata juga ada Lotus Lantern Festival tiap tahunnya di sini. Lampion itu simbol dari kearifan jadi menurut kepercayaan mereka lampion itu membawa cahaya ke dunia dengan kearifan.

Jogyesa Temple

Lantern Festival

Dari Jogyesa Temple, kita ke arah stasiun Jonggak, di dekat situ ada Cheonggyecheon Stream, aliran sungai di tengah kota. Ternyata di sana juga lagi banyak hiasan lampion dan ada air mancurnya. Sepertinya bagus juga kalau ke situ pas malem. Kebetulan di sana lagi ada semacam ngumpul2 orang Korea yang turut berduka cita kepada korban tenggelamnya kapal Sewol ferry. Ada banyak ucapan2 turut berduka cita yang tertulis di pita kuning dan digantung2. Sedih juga jadinya.😦

Cheonggyecheon Stream

Duka Cita Sewol Ferry

Karena udah hari terakhir kita masih ada oleh2 dan titipan yang belum terbeli, kita lanjut ke Dongdaemun. Dari stasiun Jonggak (line 1) ke stasiun Dongdaemun. Di Dongdaemun ada pasar yang jual pakaian dan waktu kita ke sana udah agak sore jadi banyak yang tutup. Karena kurang menarik akhirnya kita jalan ke arah Dongdaemun Gate terus menyusuri jalan yang lain, banyak toko2 juga tapi bukan toko souvenir jadi kita lihat2 aja, beli cemilan sate kepiting dan jajan jus stroberi.

Dongdaemun Gate

Hari sudah menjelang malam dan akhirnya kita menuju ke tempat terakhir yang akan dikunjungi hari itu yaitu Myeongdong Market. Gileee yeee rameee bingiiit bo’, malem minggu juga kali ya. Di sana luas banget tempatnya dan banyak macem yang dijual kayak pakaian, sepatu, tas, jam, kosmetik, souvenir, dan jajanan. Si Ayu dan Desi banyak banget titipan kosmetiknya, kesian juga mereka jadi agak rempong hahaha.. Dan gw seneng banget di sana bisa nemu makanan favorit gw yaitu udang goreng mayones/mustard, yummy.. :9 Sekitar jam 23.00 kita pulang ke guest house.

Myeongdong Market

Huaaaa tak terasa udah 4 hari di sana, malam itu kita langsung packing biar besoknya gak buru2. Keesokan paginya gw sempetin minum susu coklat aja sebelom berangkat. Setelah check and recheck kamar dan memastikan ga ada yang ketinggalan akhirnya kita checkout dari guest house, waktu itu staff guest housenya emang belum masuk operasional jam kerja jadi kita disuruh ninggalin kuncinya di kotak kunci. Terus kita lanjut ke halte Changdeokgung untuk naik bus Limousine ke airport. Udah kapok naik subway+Arex geret2 dan ngangkat2 koper di tangga stasiun akhirnya kita memutuskan untuk naik bus aja walaupun agak mahal huehehe.. Udah mau pulang jadi ga usah ngirit2 amat lah ya wkwkwk.. xD Sampai di Incheon Airport kita checkin, hunting oleh2 tambahan, terus naik Shuttle Train dari Passenger Terminal ke Concourse, dan kita terbang pulang ke Jakarta naik GA 879. Singkat cerita, Alhamdulillah kita bisa selamat kembali ke tanah air.. :’)

Terima kasih Ayu dan Desi atas traveling dan backpacking bareng yang seru dan menyenangkan. Kita saling melengkapi banget loh untuk foto2, kamera hp gw yang paling ok banget buat outdoor siang apalagi kalo di taman2 *bangga* B-), kamera poketnya Ayu paling bisa diandalkan buat foto2 gelap/malem plus dia bawa tripod yang fleksibel bisa dicantolin di mana2 wakaka.., dan kamera hp Desi juga bagus lebar, dan front-cameranya paling cucok buat foto selfie hihihii..😀 Sampai jumpa di trip selanjutnya ya Sist, London maybe?😛 Aamiin.. Oiya kalo kita lagi senang jangan lupa bersyukur kepada Allah dan berbagi dengan orang2 terdekat atau orang2 yang sudah banyak membantu kita (bawain oleh2 maksudnya) hehe.. Semoga cerita perjalanan ini juga bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk teman2 yang mau nyusul ke sana.😀

Si Bolang (Ade, Ayu, Desi) :D

Si Bolang (Ade, Ayu, Desi)😀

Kamsa Hamnida🙂

112 thoughts on “Ngebolang ke Korea (4 Days Itinerary – Seoul, South Korea)

1. nice info…boleh taw untuk info2 transportnya gak? kayak naik kapal fery ataw t money untuk 4 hari ngabisin brp?dan kalau boleh taw msg2 perjalanan dr satu destinasi ke destinasi lainnya makan waktu brp lama ya? ditunggu infonya ya makasih

2. Ass adenia,,postingannya bikin aq tambah penasaran dan pingin banget ke seoul,,btw,,Apakah boleh tau budget yg dihabiskan utk 4 hari di korea itu berapa? Dan berapa rate tiket pesawatnya PP via garuda? Terima kasih sebelumnya.

3. Assalamualaikum adenia🙂
    sama kayak comment diatas,pengen tahu budget kalian selama 4 hari di Korea😀
    mulai dari penginapan ampe transportasinya,hehe
    ngiler euy ngeliat foto2 kalian disana😀,nice story adenia :))

4. @latifaah hahaa siaap.. *mau nulis ga sempet2 nih hehe :p*

@misselectraa @nita tiara @ifa @ismahariani terimakasih yaa..😀. kalau budget saya kemarin utk akomodasi, transportasi, masuk objek wisata, makanan, oleh2 sekitar 3 juta (di luar pesawat). Kalau pakai Garuda Indonesia dan kamu belinya pas promo early bird / promo partnership lainnya mungkin kamu bisa dpt 4 jutaan. Silakan cek ke website https://www.garuda-indonesia.com/id/id/index.page ya. Jadi total sekitar 7jutaan. Smangat utk rencana liburannya. \(^,^)/

@marisa kemarin saya isi ulang T-Money utk 4 hari 15.000 won atau Rp 175.000. Kalau ferry ke Nami Island nya sih sudah included di tiket objek wisatanya. Waktu perjalanan relatif cepat kok kalau naik kereta, nanti kamu bisa kira2 dari jarak di petanya.😀

5. Boleh tanya waktu dr incheon ke seoul station..apa di seoul station nyaman utk traveller yg baru sampai dengan bagasi bagasi yg berat. Rencana kami dr incheon ke seoul station ..lalu keluar seoul station naik taksi ke insandong. Thanks utk jawabannya.

6. Dari mba bilang seoul sta ke guanong ga 3 hrs angkat naik turun koper. Kami sekeluarga dengan 2 koper besar dan 2 koper kecil rencananya tidak lanjut pakai subway ke jungno ga 3. Jd sampai seoul sta kami keluar naik taksi ke insandong. Tks ya

7. @endahpia haloo salam kenal juga endahpia.. sip, sudah dikirim ke email ya..🙂

@isma iya kalo backpacker harus banyak cari alternatif untuk ngirit hehe.. oke sama2 isma😀

@ani sepertinya tidak terlalu masalah kok, karena biasanya para traveller dari incheon juga akan ke seoul station. Kalau kopernya cukup berat disarankan dari seoul station langsung keluar cari taksi saja. Atau alternatifnya dari incheon langsung naik bus limousine yang menuju tempat penginapan. Good luck, Ani! ^^

8. Salam..
    Dear adenia, boleh dong minta dikirim via email untuk itinerary ke seoul nya, ke email nimas.eva@gmail.com. Oiya, utk gate guard changing ceremony itu biasanya jam brp aja ya? apa tiap2 istana beda2 jamnya? Utk beewon guesthouse, apakah nyaman untuk family traveller? Rencana jg mau kesana april besok dan bawa anak balita umur 4th.

9. Hay Adenia .. Seruu yah km pinter bgt nulisnyaa .. Nnti bisa bikin buku backpacker of Adenia nih .. Hehee .. Anywei Adenia aku jg mau dong dikirimin itenerary nya .. Insya allah aku suami dan anakku 7 bln mau ksna jg April ini .. Km bs kirim k eljannati.eroz@gmail.com .. Ditunggu yah say .. Thank u before ..

10. wooww biayanya lmyan irit yaa.coz sya liat dri refernsi laen g da yg semurah kamu adenia,..
    btw blh krmn itinerarynya ga ke email sya : ulfamawadda@gmail.com
    coz sya juni ne pgi ksna,sendrian lagi.jd agak gmna gtu..
    tkut nysar jga.hahahaha

11. Assalamu’alaikum, aduuh seru amat liburannya haha… insyaAllah akhir April / awal Mei aku mau ke sana. Sebetulnya dalam rangka tugas, tapi mau extend sambil explore2 Seoul & sekitarnya. Oya, minta emailnya dong, or whatsapp nya. Nomor aku 08161613288. Syukran jiddan🙂

12. Hallo aku tahun depan aa rencana juga Mau kesana,rencana nya mau nginep di guest house Korea aku liatdi peta jaraknya dekat dengan beewon house☺️,boleh kirim aku itinerary kamu ke mellyhandayani22@yahoo.co.id !! Terima kasih 😄

13. assalamualaikum adenia,
    tulisannya bagus banget,,aku ada rencana ke korea tahun depan ad beberapa hal yg mau aku tanyain juga,
    boleh minta emailin itterinary nya gak ke email rahmaniaazmi@gmail.com
    makasih banyak

14. Hai Adenia, salam kenal yaa..
    tulisan km menarik banget, pantesan banyak yg suka. aku juga ada rencana mau ngtrip keseoul berdua sama temen tp masih prepare dan cari promo2 hehe. boleh minta itinerary nya gak, email aku ya laksemanadewi2@gmail.com
    gomawoyoooo

15. Waahh thank you postingannya bermanfaat bgt dan enak bgt bacanya. Klo boleh tau kapan ya waktu terbaik buat ngunjungin korea? sama boleh minta deatil itinerarynya ga ke emailku gilangpratiwi0309@gmail.com. makasih banyaakk ditunggu postingan selanjutnya🙂

16. Hai…makasi infonya jd ga sabar ksnanya
    Aq mau kSeoul tgl 10 okt brangkat sndri.boleh minta ittenarynya ga?
    Makasi

17. hei Ade, salam kenal ya… tulisannya menarik sekali, kami sekeluarga juga ada rencana mau ke Korea bulan Oktober nanti, boleh minta di share ga itinerarynya ke hannyhendrawan@gmail.com… terus waktu apply visa ada kesulitan ga ya?
    Tks sebelumnya. – hanny

18. Halo Adekurniawati… tgl 31 Agustus – 5 Sept, saya ke Seoul. tertarik ikutin perjalanan ade disana. Mohon bisa dikirim itinerary nya ya ke s

19. Hai adenia. Aku excited bgt setelah baca blog kamu. Terimakasih yaa sudah sharing pengalaman kamu yg bisa menginspirasi banyak org termasuk aku. Boleh aku minta tolong kirim itinerary nya ke emailku? dannypadilla02@gmail.com🙂 thanks a lot ademia🙂

20. Hallo adenia.
    Wow….jadi tambah pengen buru-buru ke korea. Rencana terealisasi baru tahun depan di bulan april. Boleh minta kirim itinerary ke email aku yenti1326@gmail.com
    Aku juga mau backpacker ama temen2. Thanks ya say….

21. Hai ade….it’s really great experience. Kebetulan minggu depan saya dapat kesempatan ke Seoul. Pas juga 4 hari. Pas banget saya lagi searching2 itin dan nemu yang sangat worthy buat diikutin. Seperti teman lain di atas, may you share your itin please…..to ukiku27@yahoo.com.
    Thanks a bunch!!😀

22. Assalamualaikum. Tumpang tanya, bagaimana caranya mahu ke myeongdong market dr guesthouse ya? Insya Allah kmi akan stay beewon juga. Salam dr Malaysia. Tq 😊

23. Hai kaa.. Saya juga rencana pgn ke Korea taun depan, mumpung ada tiket promo garuda hehe. Oiya selama disana terkendala bahasa ga yaa? Apa orang2 sana bisa bhs inggris? Soalnya bnyk yg bilang org sana ga bnyk yg bs bhs inggris. Trs skalian kaa mau minta itinerary nya ke ratihfit1704@gmail.com . Gomawo 😊🙏

24. assalammualaikum adenia
    Saya ada rencana backpaker ke Seoul
    April 2016.. Dan skrng lagi mempersiapkan
    Untuk Dok visa. Boleh dibantu ga.. Mau minta di emailkan itinerary kamu ke Seoul
    Untk referensi aja sih. Thanks
    My email : hillawahidah@gmail.com

25. @suciati kontak ke email aja ya ade.bocah@gmail.com
    @andi aplikasinya pakai bhs inggris kok, coba download aja
    @alia wah kalau itu liat di aplikasi/peta aja ya, soalnya waktu itu aku ga langsung dari guest house kesananya
    @ratih tenang aja, walaupun jarang yg bisa bhs inggris tapi petunjuk arahnya cukup jelas kok
    @gita makanan yg jelas ada tulisan halal nya sih jarang, tapi kalau di daerah Itaewon deket mesjid lumayan banyak
    @cicilia kalau ga salah itu di Dongdaemun deh.

Buat teman2 yang minta itin sudah dikirim ya..🙂

26. assalamualaikum,
    Adenia salam kenal.
    terimakasih sudah cerita tentang backpakeran ke korea, jd menginspirasi buat kesana sendiri tanpa pake jasa tour travel. banyak hal pengen saya tanya ke kamu tentang backpakeran ke korea, karena kebetulan saya dan teman saya ada rencana mau kesana akhir tahun ini.
    ini bakal jd pengalaman pertama saya jalan ke luar negeri, jd saya mau minta informasi dari kamu dari awal sampai akhir pulang ke indonesia lagi.
    kalau kamu ada waktu luang, bisa tolong ceritakan proses awal.a ga ke email saya zac_draw@yahoo.com.
    terimakasih

27. Hai, aku boleh minta itinerary nya juga? ajeng.raffi@gmail.com
    aku nemu tiket pp 5,4 an sih. tp masih bingung apakah itu termasuk murah atau normal. tai kayanya normal sih. hahha kl bagasi pulang dulu brg kg? aku mau beli yg 20kg tapi takut kurang hehhe

28. Assalamualaikum, salam kenal.
    Lihat posting ma fotonya keren banget. Rencana aku ma temen mau ke korea bulan oktober ntar, dapet tiket promo AA yg super murah. kalo boleh aku minta itinerary nya ke emailku ya: chylvie@yahoo.com. Makasih sebelumnya

29. Itin sudah dikirim via email ya teman2.. Smoga bermanfaat.🙂

@sinta kira2 aku 1 jam kalo dulu transit2 naik kereta
    @ajeng kayaknya dulu aku cuma belasan kilo aja, ga bawa banyak barang. kalau naik Garuda dapet 30kg gratis😀

30. Hai.. Mw tanya donk,, wkt di incheon proses imigrasix gmn? Lama g? Sempat di tnya” jg g? Ap aj yg di tnyakan..? Soalx 29 april bsk ak mw ksna,, visa jg ud kluar… Tp msi pgn tw ttg imigrasix. Mksih sblmx ya^_^

31. wah bermanfaat bgt nih cerita perjalanannya. oh iya sekalian mau nanya, kalo pas pulang dari beewon guesthouse ke halte Changdeokgung jalan kaki atau naik bus dulu? trims

32. Hai Kak Adenia, pertama baca blog kamu, pas pertama berangkat pake GA, wow. Aku mikir kayaknya kamu punya budget lebih. Tapi kok nggak disebutin budgetnya ya? Huhu sayang sekali. Padahal butuh info juga nih kamu ngabisin budget berapa selama 4 hari 4 malem dengan itenary yang cukup banyak itu plus pake GA pula haha. Kalo gak keberatan, I need more information for budget dan itenary-nya ke emailku ya dwiwi19@gmail.com, thanks Kak :))

33. Hai Adenia, rasanya ga enak kalo ninggalin komentar. Btw, Thanks infonya sangat bermanfaat.

Oktober tahun depan saya dan teman ada rencana mau ke korea juga.

Mau tau infonya lebih lengkap lagi.
    – Waktu buat visa, ada minimal jumlah tabungan di rekening ga? apa harus dilengkapi dengan asuransi perjalanan? Pengurusan visa lewat tragel agent atau langsung? berapa ya?
    – saya kebetulan tinggal di Denpasar, bisa tau temannya habis berapa untuk tiket pesawatnya?

Kalo ga keberatan, kirimin dong itinerarynya ke adelaide.sdlg@gmail.com

Makasih banyaaak

Ditunggu tulisannya visit negara lain