Yes, it’s snow! (Munich and around, Germany)

Menjadi seorang traveller (ceileh traveller) sudah seharusnya siap menghadapi berbagai risiko dan tantangan dalam perjalanannya, contohnya adalah tiket pesawat yang gak confirm alias standby dan keterlambatan bagasi pesawat seperti yang gw alami saat Eurotrip dengan tujuan kota pertama Munich, Germany di mana gw udah gak sabaran akan melihat salju untuk pertama kalinya hahaha ndeso..😛 Just remember that there will always be something to learn in every journey.🙂

wp_20150404_108

Yes, it’s snow!

Gw berangkat dari Jakarta malam hari ke Amsterdam non-stop dengan Garuda Indonesia GA88 dengan perkiraan landing jam 8.30 pagi waktu Amsterdam di keesokan harinya dan rencananya lanjut dengan penerbangan domestik (mostly flight internal Europe walaupun beda negara dianggapnya domestik) KLM KL1795 jam 11.55. Unfortunately, pesawat yang gw tumpangi waktu itu mengalami headwind. Ada Apa itu headwind? Intinya sih ada angin yang berlawanan arah dengan arah laju pesawat sehingga laju pergerakan pesawat ga bisa secepat kondisi normal karena harus melawan angin. Gw pun baru tau istilah headwind pas pilotnya beberapa jam sebelum landing mengumumkan bahwa ada kemungkinan landingnya telat karena headwind. Dan ternyata headwind ini membuat pesawat landing-nya telat hampir 2 jam, jadi gw sampai di Schiphol Amsterdam Airport jam 10 lewat, pesawat mau parkir pun ngantri, mulai panik lah gw takut ketinggalan pesawat ke Munich.

Turun dari pesawat langsung jalan cepat ke bagian imigrasi, udah ngantrinya lama, pas giliran gw ditanyain macem2 pula, dari mana, mau kemana, berapa hari, tiket flight selanjutnya mana, nginepnya dimana. Alamaaak, emang muka gw kayak anak ilang apa. Atau mungkin dia ngeliat gw cewek sendirian dan mukanya panik jadi mencurigakan dikira melarikan diri hahaha.. Trus gw lanjut ke baggage claim, dan lagi-lagi koper gw tidak kunjung keluar, aaah makin panik dah. Randomly pas nunggu bagasi malah ketemu dan kopi darat sama GM Garuda Amsterdam yang ternyata naik pesawat yang sama. Akhirnya koper gw keluar dan gw buru2 pamit duluan. Lari-lari lah gw ke checkin counter domestik yang jaraknya lumayan jauh, dapet boarding pass standby (belum dapet seat) dan checkin bagasi. Kata staff checkin-nya untung pesawatnya delay 15menit, kalo gak kayaknya checkin ud close dan gw ketinggalan pesawat ini. Trus lari-lari lagi lah gw ke gate, sampai gate semua penumpang udah pada naik pesawat, tinggal gw doang yang mau boarding dan samar-samar gw dengar nama gw dipanggil di speaker untuk final call. Pas gw dateng dan ngasih boarding pass standby, si staff di gate sambil nuker jadi boarding pass confirm rada ngomel gitu dia bilang kalo tiket standby harusnya dateng lebih awal. Daripada gw jelasin panjang lebar sambil ngos-ngosan yaudah lah iyain aja, sabar deh sabar. Tiba-tiba gw liat boarding pass gw kok seat nya 3A yak, ada tulisan SKY PRIORITY dan BUSINESS. Wah Alhamdulillah dapet business class (sambil cengar cengir girang) wkwkwk. Kayaknya sih ini gara2 tinggal gw yang belum masuk pesawat dan udah mau door close trus biar gw cepet duduk dikasihlah seat depan yang kosong. Dan gw lihat sekilas di economy class kayaknya emang full. Ya Allah Alhamdulillah pesawat ini delay juga jadi gw masih sempat ngejar.

Pas duduk dan menormalkan napas yang habis ngos-ngosan, tiba-tiba keinget bagasi gw, kok feeling gw gak enak ya. Sebagai mantan PM yang ngurus aplikasi baggage reconciliation, gw udah kebayang itu bagasi gw bakal ngelewatin proses yang lumayan panjang mulai dari conveyor pas checkin, turun ke makeup area, di-scan untuk masuk ke cart, di bawa ke pesawat, dan loading masuk ke pesawat. Ah gw jadi parno jangan-jangan bagasi gw ga sempet masuk ke pesawat. Husnuzhhan aja lah semoga masih sempat keangkut, pasrah yang akan terjadi terjadilah nanti. Nikmatin aja dulu view yang lumayan kece dari jendela pesawat dan icip-icip makanan walaupun yang akhirnya yang gw ambil cuma jus dan dessert nya doang, chicken salad ga gw makan, vegan sandwiches gw bungkus aja jaga-jaga kalo gw bener2 kelaperan baru gw makan.

photogrid_1478937978151

On KLM Business Class😛

Sesampainya di Munich Airport gw langsung ke baggage claim, nunggu bagasi kok gak keluar-keluar, sampai last baggage akhirnya beneran bagasi gw ga ada. Akhirnya gw lapor lah ke staff nya untuk ngurus Property Irregularity Report. Untung gw kebiasaan fotoin bagasi sebelum terbang, jadi lumayan membantu pencarian dibanding cuma informasi merk dan warna. Trus gw kasih lah alamat tempat tinggal gw di Munich untuk delivery bagasi gw in case udah ketemu nanti. Lalu gw duduk merenung mikir hah beneran nih bagasi gw ketinggalan? Kayak masih gak percaya kalo ini terjadi, hahaha.. Ah yaudah lah seorang traveller memang harus positive thinking, bisa cepat beradaptasi, flexible, dan move on, let’s enjoy the journey.. Lalu bermodalkan free wifi gw ngabarin travel partner gw kalo udah sampai Munich dan mau berangkat ke Munich Central Station (Munchen Hauptbahnhof/HBF) soalnya janjian ketemunya emang di Munchen HBF. Pas ketemu langsung lah gw ceritain panjang lebar kalo bagasi gw ketinggalan di Amsterdam hahaha..

Yaudin trus kita move on deh dengan mengeksplor area Munich City Center. Di sana ada Bayerische Staatskanzlei (kantor pemerintahan), Hofgarten (taman dengan temple di tengahnya yang dikelilingi 8 jalan kecil), Residenz Museum (tempat penyimpanan koleksi kerajaan), Munich National Theatre, Frauenkirche/Munich Cathedral, dan Marienplatz.

photogrid_1478939429875

Munich City Center

Agak sorean kita ke BMW Welt (BMW World). Di sana merupakan tempat exhibition center, ada mobil-mobil dari jaman jadul sampai yang modern. BMW Welt ini masuknya gratis. Sebenernya lebih kece lagi kalau masuk BMW Museum yang berbayar cuma waktu itu karena udah kesorean jadi udah tutup.

photogrid_1478939578013

BMW Welt

Keluar dari BMW Welt udah mulai gelap dan kita langsung caw menuju Allianz Arena. Stadion ini adalah kandang dan stadion kebanggan bagi FC Bayern Munchen. Jadi ingat waktu jaman gw SD tahun 2002, gw nonton FIFA World Cup 2002. Keeper favorit gw adalah Oliver Kahn dari Jerman, dia jago banget jaga gawangnya, dan dia adalah tim FC Bayern Munchen. Stadion ini juga pernah dipakai waktu FIFA World Cup 2006. Dari kejauhan udah kelihatan terangnya eksterior stadion megah ini dengan nyala warna merah. Kira-kira setengah jam sekali warnanya berganti. Pas kita jalan mendekat warnanya udah biru. Dan selanjutnya ganti lagi jadi putih.

photogrid_1478939794096

Allianz Arena

Karena sudah malam dan lelah, jadi kita segera ke tempat penginapan. Ngobrol-ngobrol singkat dan kenalan dengan host-nya ternyata mereka traveller juga dan pernah ke Indonesia, Bali khususnya. Karena kita nginepnya cuma semalam jadi cuma sempet ketemu malam itu soalnya besok subuhnya kita mau checkout. Mereka heran kenapa kita liburan checkoutnya pagi-pagi banget, kalau mereka katanya liburan santai males-malesan bangun siang hahaha.. Abisnya di Munich cuma 2 hari jadi waktu sangat berharga, tidurnya bisa dilanjut di kereta/bus wkwkwk.. Gw juga cerita tentang bagasi gw, jadi in case nanti bagasi gw dianter ke situ, sorenya kita akan balik lagi untuk ambil bagasi.

Hari ke-2 adalah hari yang gw tunggu-tunggu karena mau liat salju untuk pertama kalinya di Schloss Neuschwanstein (Neuschwanstein Castle) hahaha.. Waktu gw kesana udah masuk musim semi, jadi kalau di Munich udah gak dapet salju, makanya mesti melipir ke luar kota supaya masih bisa lihat salju. Soooo excited jadi dibela-belain checkout subuh-subuh untuk ngejar kereta terpagi. Pertama kita naik kereta ke Munchen HBF untuk titip tas di loker, lanjut naik kereta ke Kaufbeuren, dan lanjut lagi naik kereta ke Fussen. Di perjalanan menuju Fussen dari dalam kereta udah mulai kelihatan saljuuu hahaha ndeso.. Setelah itu baru ganti naik bus dari Fussen ke Hohenschwangau. Pas sampai di Hohenschwangau, kita mampir dulu ngeliat Alpsee Lake (danau di antara pegunungan Alpen). Walaupun agak berkabut tapi danau nya tetap kelihatan cantik. Nah dari sini untuk mencapai kastilnya perlu menanjak dengan 3 pilihan cara: jalan kaki (gratis), naik bus (kalau cuaca cerah), naik kereta kuda (lebih mahal dari bus). Karena waktu terbatas jadi kita skip pilihan jalan kaki yang tentunya juga akan bikin gempor haha.. Nah sayangnya cuaca lagi kurang bagus dan berkabut jadi bus nya ga beroperasi, jadi mau ga mau naik kereta kuda. Ternyata asik juga menikmati pemandangan dari kereta kuda di mana sekitarnya diselimuti salju, masyaAllah.

Sesampainya di depan Neuschwanstein Castle, cuaca benar-benar berkabut dan suhunya dingin banget. Mau foto-foto mesti lepas sarung tangan jadi bikin tambah kedinginan, dan ini pertama kalinya gw ngerasain suhu minus wkwkwk.. Kalau kalian pernah nonton film-film Disney, kastil yang muncul di setiap pre-opening nya itu atau Sleeping Beauty Castle kabarnya terinspirasi dari kastil ini, jadi berasa ada di negeri dongeng hehe.. Setelah puas mengeksplor Neuschwanstein Castle, kita turun naik kereta kuda lagi dan kembali ke Munchen HBF.

photogrid_1478940718714

Alpsee Lake and Neuschwanstein Castle

Sampai di Munchen HBF lagi gw mulai kepikiran sama bagasi gw kok belum ada kepastian kabar udah siang gini hampir 24 jam. Masalahnya adalah malam itu planningnya kita udah akan menuju Salzburg which is pindah kota dan udah beda negara, jadi gw harus dapetin bagasi gw sebelum malam. Sisa itinerary tinggal Deutsches Museum dan Schloss Nymphenburg (summer residence buat anggota kerajaan), sepertinya harus ada yang dikorbankan. Akhirnya kita memutuskan ke Deutsches Museum yang merupakan museum terbesar di dunia untuk science & technology. Museum ini cukup luas dan bagian yang paling gw suka adalah Aeronautics soalnya banyak display koleksi pesawat-pesawatan wkwkwk..😀

photogrid_1478940867115

Deutsches Museum

Hari sudah sore dan bagasi gw belom di tangan, alhasil gw kontak lagi call centernya KLM untuk nanyain kabar bagasi gw apakah udah ada di Munich Airport atau udah dideliver ke tempat nginep gw, setelah nelpon ke-sekian kalinya akhirnya dikasihtau kalau bagasi gw udah ada di Munich Airport dan gw minta jangan dikirim ke tempat nginep gw, karena kalau nyasar atau lama dan ada apa-apa di jalan malah tambah rumit lagi, dan gw putuskan gw akan ambil di Munich Airport. Akhirnya keluar dari Deutsches Museum kita langsung ke Munich Airport. Sesampainya di sana masih ribet dengan birokrasinya diputer-puter disuruh kesana kemari mana jauh juga jaraknya bolak balik hadeeeh, akhirnya dengan penuh kesabaran bagasi gw bisa kembali ke tangan Alhamdulillah.. Terharu soalnya udah 2 hari gak bisa ganti baju hahaha.. Trus kita balik ke Munich HBF karena jam 8 malam kita akan melanjutkan perjalanan naik kereta ke Salzburg, Austria.

Singkat cerita, pas balik ke Indo gw coba ngurus minta kompensasi ke KLM atas keterlambatan bagasi gw dan ngurus claim travel insurance. Oiya sebagai info, untuk ngurus visa Schengen biasanya emang diminta polis travel insurance sebagai syarat, jadi mau gak mau ya mesti bikin. Dengan terjadinya case keterlambatan bagasi lebih dari 24 jam ini gw dapat pengalaman untuk claim travel insurance, lumayan lah dapet ganti sekitar 8x lipat dari harga polisnya, hihihi.. Trus dari KLM juga dapet kompensasi sekitar 2x lipat harga tiket AMS-MUC. Yeaah disyukuri aja bahwa dalam setiap perjalanan akan selalu ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil😀. The more you travel, the more new experience you will have. See you on next post!🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s