JENESYS (Japan – East Asia Network of Exchange for Students and Youths) 2012

Assalamu’alaikum. 😀

Ya Allah ini blog udah ga di-update setaun xD, tapi liat di stats ternyata tiap hari ada aja orang yang ngunjungin blog ini, mohon maaf yah saya sibuk setahun belakangan ini *plaak* hahaha.. :)))

Menindaklanjuti curcolan dan kata-kata di tulisan sebelumnya ” Dia pasti punya rencana dan jalan lain yang lebih indah buat gw”, yeaah jika benar-benar diyakini, ternyata itu memang benar terjadi. Cita-cita untuk punya pengalaman pergi ke luar negeri sebelum lulus S1 tanpa ngebebanin ortu akhirnya tercapai. Alhamdulillah gw dapet beasiswa short exchange ke Jepang (yang totally gratis) namanya JENESYS (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths) tanggal 8-16 Mei 2012 yang lalu ^^ *lah baru cerita sekarang*. Eh iya btw gw juga udah wisuda loh, sekarang nama gw jadi Ade Kurniawati, S.Kom hehe.. :”>

Oke, jadi singkat cerita gw nemu beasiswa ini dari gugling2, ikut forum grup dan follow info beasiswa. Lalu gw kirim berkas syarat-syaratnya lewat International Office UI. Beberapa minggu kemudian dapet email dari Kedubes Jepang kalo gw lolos seleksi, Alhamdulillah hehe.. Ternyata dari UI ada 2 orang yg lolos, gw sama Fera anak FE. Dan total ada 70 mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia, masing-masing kampus maksimal cuma 3 orang :D. Dan mulailah kita bikin grup di FB untuk sharing info persiapan keberangkatan menuju Jepang \(^.^)/ Oiya mau gw ngucapin makasih juga buat Ady yang udah ngasih gw kiblat kompas dan mas Yunus yang udah minjemin kamera buat dipake selama di Jepang :D. Continue reading

Antara Bersyukur dan Istirja Versi ASiMTA (Adechii Si Mahasiswa Tingkat Akhir)

Antara Bersyukur dan Istirja Versi ASiMTA (Adechii Si Mahasiswa Tingkat Akhir)

Assalamualaikum..

Apa kabar semuaaaa? Halah ini blog kayak ada pembaca setianya aja xD.

Alhamdulillah yah bisa nulis lagi, hehe.. Horee semester 7 telah usai, baru kelar UAS nih *joget2 ala SMASH trus ditabok yang masih pada UAS* :lol:. Eh apa tadi? Semester 7? Brarti hidup gw insyaAllah tinggal 1 semester lagi donk ya di kampus? 😦 Sediih.. Masih berasa muda.. Teringat jaman2 maba dulu, huhu.. Tak terasa kini udah jadi Mahasiswa Tingkat Akhir (MTA) aja.  MTA yang masih suka galau akademis, walaupun gak jarang juga galau lainnya sih xD. Trus kalo lagi galau pengennya nulis deh *lah, apa hubungannya* :D.

Well, seriously belakangan ini gw lagi galau parah, sakit hati, patah semangat.. T.T Ampe bikin status2 galau di jejaring sosial dan membuat beberapa orang yg baca langsung sms nanya gw kenapa dan memberikan motivasi serta semangat buat ke depannya.

Status Galau

Continue reading

Totalitas Perjuangan Sampai Akhirnya Bisa Ketemu WESTLIFE

This slideshow requires JavaScript.

WESTLIFE… Yak siapa sih yang gak tahu boyband bersuara bagus dan berwajah tampan asal Irlandia itu? Gak gahoel banget dah kalo gak tau, hehee.. Gw kenal boyband ini dari jaman gw SD kelas 4 kalo gak salah. Video clip mereka sering muncul di TV, lagu mereka enak2, org2nya juga enak diliat, sampai akhirnya gw beli kasetnya dan itu adalah kaset barat pertama yang gw punya lho.. 😀 Temen2 SD gw pun juga pada ngefans sama mereka. Gw sukanya sama Bryan karena menurut gw dia paling ganteng (anak SD udah kenal ganteng ya? :P), temen2 gw yang lain ada yg suka Nicky, Shane, Kian, dan Mark dengan seleranya masing2. Ada best friend gw dari TK, namanya Tika, dia juga sukanya sama Bryan, hehee..

Standing Characters of Westlife

Continue reading

K2N UI 2011: Suatu Momen untuk Mengabdi dan Mengenal Lebih Dekat Saudara-Saudara Kita di Tanah Papua

K2N UI 2011: Suatu Momen untuk Mengabdi dan Mengenal Lebih Dekat Saudara-Saudara Kita di Tanah Papua

Ade Kurniawati (0806316272)

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia

Seusai kompetisi Mapres (Mahasiswa Berprestasi) tingkat fakultas UI 2011 dan menjadi juara III, saya berkesempatan untuk mengikuti UI-Leadership Development Program yang salah satu program wajibnya adalah Social Project berupa K2N (Kuliah Kerja Nyata). Pada awalnya saya merasa terkejut karena pada tahun sebelumnya Social Project-nya masih di sekitar Jakarta, dan saat ini Social Project-nya adalah K2N yang mana dilaksanakan di perbatasan dan pulau-pulau terdepan Indonesia. Sesungguhnya sejak menjadi mahasiswa baru saya tidak pernah berpikir bahwa suatu saat saya akan mengikuti K2N ini karena lokasinya sangat jauh dan mungkin saya akan meninggalkan kegiatan akademis lainnya di kampus. Ini merupakan pilihan yang berat untuk saya, karena panitia UILDP mengatakan kalau tidak ikut K2N berarti tidak ikut UILDP. Namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya memilih untuk ikut. Konsekuensi terberatnya adalah saya harus menunda KP (Kerja Praktik) yang merupakan mata kuliah wajib dan seharusnya juga saya lakukan pada bulan Juni-Agustus ini.

Proses seleksi K2N ini terdiri dari seleksi esai tentang lokasi yang diminati, seleksi wawancara, terakhir tes kesehatan dan tes fisik di Komando Latihan Armatim (Armada RI Kawasan Timur) di Surabaya. Namun kami anak-anak UILDP mendapat bonus karena tidak perlu mengikuti seleksi esai sebab waktunya pun sudah lewat, jadi kami langsung ke tahap wawancara, serta tidak dikenai biaya untuk mata kuliah universitas yang berjumlah 3 SKS ini. Selanjutnya kami dibagi kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang yang pada umumnya berbeda fakultas untuk membuat proposal program yang akan kami laksanakan di lokasi, kebetulan saya mendapat lokasi di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, yaitu daerah pascabencana banjir bandang 4 Oktober 2010 dan merupakan lokasi paling timur K2N UI 2011. Kemudian kami menjalani pembekalan selama seminggu (13-19 Juli 2011) di Komando Latihan Armatim oleh para TNI-AL. Banyak hal yang kami dapatkan di sana, yaitu kedisiplinan, menghargai waktu, air, dan makanan, wawasan tentang KRI dan kelautan, serta pengalaman tak terlupakan berupa simulasi-simulasi dari KOPASKA (Komando Pasukan Katak) yaitu loncat dari kapal jika terjadi kondisi darurat, berenang dan makan di laut sambil terombang-ambing ombak, serta simulasi sekoci terbalik. Intinya adalah belajar bagaimana kita bisa bertahan dan menyelamatkan diri jika terjadi kondisi darurat di laut sebab untuk mencapai lokasi-lokasi K2N ini tentunya akan mengarungi laut dan samudera.

Continue reading

Mapres v.s. Mabil Fasilkom 2011

Teringat percakapan gw sama Yamin kurang lebih setaun yang lalu, “Eh kita udah 2x nonton mapres (nonton kak Ilman dan kak Jay) di balairung kayaknya dengan cara illegal mulu dah, kaga diundang tapi ikutan nonton dan makan gratis, pokoknya taun depan kita harus masuk secara legal nih pake surat undangan, jadi mapresnya atau seenggaknya perwakilan organisasi gitu kek, hahaha..” :D.

Yak, MAPRES (Mahasiswa dePRESi – ini julukan buat gw xD) (MAhasiswa berPREStasi) adalah kompetisi yang diadakan untuk mengukur seberapa berprestasi seorang mahasiswa dibanding mahasiswa2 lainnya. Apa yang ada di mindset gw sebelumnya kalo berprestasi adalah eksis di organisasi, berprestasi di akademik, sering menang lomba, jago public speaking dan bahasa asing, dan lain semacamnya. Tapi kini setelah ngikutin briefing UILDP (UI Leadership Development Program), mindset gw menjadi agak bergeser. Berprestasi bukanlah seberapa besar lo mendapatkan sesuatu, tapi seberapa besar lo bisa berkontribusi / memberikan sesuatu untuk ummat :).

Continue reading

Anda Golongan Darah A??? [cekidot]

FAKTA

Individu dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah A-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah A-negatif atau O-negatif.

Di beberapa negara seperti Swedia dan Norwegia, golongan darah A lebih dominan.

SIFAT

Golongan darah A

1. Biasanya orang yang bergolongan darah A ini berkepala dingin, serius, sabar dan kalem atau cool, bahasa kerennya.

2. Orang yang bergolongan darah A ini mempunyai karakter yang tegas, bisa di andalkan dan dipercaya namun keras kepala.

3. Sebelum melakukan sesuatu mereka memikirkannya terlebih dahulu. Dan merencanakan segala sesuatunya secara matang. Mereka mengerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh dan secara konsisten.

Continue reading

My January 2011 was not as beautiful as the previous one

Hey, what month is it now? Yeaah I know, this is April. Well, I should’ve posted this few months ago, but the assignments, homeworks, and etc (What a time-consuming activities!) forced me to pay attention more on those. In this post, I just wanna share about my January 2011 that was not as beautiful as my January 2010 here. But I believe something, that Allah has planned them all for me with Its way. There must be a wisdom behind those things. Continue reading

Pengalaman Paling Epic di Penghujung Tahun 2010 xD

Bismillaahirrohmaanirrohiim…

Karena lagi libur, jadinya rajin posting deh gw, hehe.. :P. Sebenernya postingan ini mo di-post dari pertengahan Desember yang lalu, tapi berhubung gw sibuk (tsaah) , jadinya baru sempet di-post sekarang deh :D. Yak kejadian itu terjadi pada hari Selasa, 14 Desember 2010 abis maghrib di kamar kosan gw. Kronologisnya begini…

Abis maghrib, gw baru nyampe kosan pulang dari kampus trus langsung dah ke kamar mandi (FYI, kamar mandi gw di dalem kamar, bukan di luar). Setelah selesai mandi, gw membuka pintu kamar mandinya untuk keluar. Nah loh, kok tiba2 ga bisa dibuka seperti biasa ya?? (FYI, pintu kamar mandi gw engselnya emang udah agak rusak / copot dikit dari beberapa bulan yang lalu, tapi biasanya tetep bisa dibuka dengan mudah dengan trik tertentu) Tiba2 gw teringat nyokap gw yang hari Minggu sebelumnya dateng dan berkomentar atas kerusakan pintu kamar mandi gw ini trus nyuruh gw ngomong ke yang jaga kosan supaya cepet dibenerin, tapi gw santai2 aja soalnya ini masih bisa dibuka gitu. Ternyata salah besar ya kalo menyepelekan omongan orangtua, baru dah kerasa kalo udah susah kayak gini, maap ya mama. 

Continue reading

Not A,B,C,D,E, But F (FAIL) -_-a

Bismillaahirrohmaanirrohiim…

Wheeew, nampaknya semester ini blog gw gak hidup ya xD. Walaupun gak pernah posting setidaknya masih menyempatkan untuk blog-walking deh. Yak, hari ini adalah hari terakhir di tahun 2010 sekaligus mengakhiri UAS semester 5 gw. Entah harus merasa bahagia atau merana setelah melewati UAS kemarin . Semester ini gw ngambil mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Sistem Cerdas (SC), Teknologi Mobile (Tekmob), Pemrograman Logika (Prolog), Penulisan Ilmiah (PI), dan terakhir S**tem Programming (S**tprog). Dan seminggu belakangan adalah minggu paling hectic di penghujung tahun ini. Yeaah, apalagi kalo bukan karena UAS tentunya. Okey, gw akan menceritakan tentang kejadian yang menimpa gw di seminggu belakangan ini akibat sifat deadliner dan Sistem Kebut Semalam (SKS) yang gw terapkan slama ini (padahal niatnya udah mo tobat tapi ga bisa2) T_T.

RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

UAS hari pertama. Well, untuk UAS hari pertama biasanya waktu buat belajarnya lebih banyak karena hari sebelumnya pasti libur. Hueee gak juga ternyata, dari malem Minggu sampe Minggu paginya gw malah ngerjain proposal penelitian PI. Continue reading

2 years being a college student, what have you done??!

Yeaah, 4th semester has officially ended at June, 7th 2010 after Computer Networking Final Project’s Demo. And my short term period has also ended at July, 27th 2010 after TBA exam. Well, I’ve been being a college student for almost 2 years, and what have I done so far??? Continue reading